Madiun (ANTARA) -
​​​​​​Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengingatkan kepada simpatisan partai dan warga Madiun, Jawa Timur, untuk tidak golput atau menggunakan hak pilih (mencoblos) pada Pemilu 2024.
 
"Saya cuma mau titip satu pesan buat bapak dan ibu, datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos," kata Kaesang saat Jalan Santuy Malam bersama Kader PSI di Kota Madiun, Jawa Timur, Minggu malam.
 
Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu tidak memerintahkan untuk mencoblos salah satu calon presiden dan wakil presiden, salah satunya nomor urut 2 yakni Prabowo-Gibran.
 
"Siapa presiden dan wapres (yang dipilihnya) terserah, untuk partai juga terserah, yang penting bapak dan ibu nyoblos, jangan sampai golput," kata Kaesang.
 
Dalam acara Jalan Santuy Bareng Bro Kaesang itu mengawali start dari Pahlawan Business Centre, lalu ke Jalan Pahlawan atau di depan kantor Bakorwil Kota Madiun.
 
Ratusan peserta jalan santuy yang mayoritas pemuda kota Madiun start dari Pahlawan Business Centre melewati area Pahlawan Street atau Jalan Protokol di Jalan Pahlawan dengan miniatur wisata berbagai negara di Jalan perintis Kemerdekaan.
 
Kemudian, dilanjutkan melalui rute Jalan dr Sutomo, RA Kartini, dan finis di panggung utama Pahlawan Bisnis Center di Jalan Pahlawan.
 
Masyarakat terlihat antusias mengikuti Jalan Santuy Bareng Bro Kaesang yang menawarkan hadiah utama undian umroh gratis dan banyak hadiah hiburan lainnya.
 
Kaesang selama lima hari, mulai dari Sabtu (2/12) hingga Kamis (6/12) akan blusukan ke Jawa Timur dalam rangka kampanye di Pemilu 2024.
 
Ke-11 kabupaten/kota itu antara lain Lamongan, Tuban, Magetan, Banyuwangi, Malang, Jember, Pasuruan, dan Surabaya.
 
Blusukan ini diharapkan menuai simpati rakyat Jatim untuk memenangkan Prabowo-Gibran dan memilih PSI di Pemilu Legislatif.
 
Pemilu Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia.
 
Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.
 
Selain itu Pemilu Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.
 
Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023