Jakarta (ANTARA) - Pada hari Minggu (3/12) merupakan hari keenam masa kampanye oleh ketiga peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Pada hari Minggu, yang notabene merupakan akhir pekan, kegiatan kampanye ketiga pasangan tersebut berada di lokasi yang berbeda-beda. Bahkan, capres dan cawapres yang masih satu pasangan pun berkampanye di tempat yang terpisah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sebelum pemungutan suara pada hari Rabu, 14 Februari, masa tenang selama 3 hari, 11—13 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari kelima kampanye:

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar

Anies Baswedan datang ke Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang di hari kenam masa kampanye. Ia memulainya dengan berkunjung ke Pesantren atau Persulukan Naqsabandiyah Jabal Qubis di Tanjung Morawa, Deliserdang pimpinan Syekh H Ghajali An-Naqsabandi, dengan peserta ribuan ulama dari berbagai provinsi di Indonesia.

Selanjutnya, bertemu dan berdialog dengan kaum millenial dan Gen Z di Pos Block, Jalan Balai Kota Medan dengan peserta 500 orang yang dimotori Tim Ubah Bareng Sumut pimpinan Capten Wisnu Nugraha.

Pukul 16.30 WIB – 18.00 WIB, Ngopi Bareng dengan berbagai komponen masyarakat di Bandar Kopi Jalan Letda Sujono Medan.

Adapun Muhaimin Iskandar atau Cak Imin akan melakukan kampanye hari keenam dan ketujuhnya di Sumatera Barat (Sumbar). Di Sumbar Cak Imin bertemu pedagang, mahasiswa, kader PKB, serta relawannya di Kota Padang.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Pada hari keenam, Prabowo memulai Prabowo Subianto mengawali kampanyenya dengan berkunjung ke Banten, sementara Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan ke kawasan Menteng.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Provinsi Banten Airin Rachmy Diani mengatakan bahwa Prabowo Subianto akan mengisi kegiatan dengan bersilaturahmi di sejumlah pondok pesantren dan bertemu dengan kIai dan tokoh besar Banten.

Berdasarkan jadwal yang diberikan TKN kepada awak media, Jadwal pertama Prabowo adalah ziarah ke Banten Lama pada pukul 10.00 WIB.

Setelah itu, menuju ke Cidahu, Pandeglang pada pukul 11.00 WIB untuk melakukan ziarah ke makam Abuya Dimyati, kemudian bersilahturahmi dengan Abuya Muhtadi dan Abuya Murtado.

Pada pukul 13.15 WIB, Prabowo makan siang bersama di kediaman mantan Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya di Warunggunung, Lebak.

Kampanye di Banten ditutup dengan kegiatan doa bersama 2.000 kiai se-Banten mulai pukul 14.00 WIB.

Gibran berkampanye di kawasan Jalan Menteng Jaya, Jakarta Pusat pada 10.30 WIB.

Pasangan Ganjar-Mahfud Md

Ganjar Pranowo berkampanye di Lombok Nusa Tenggara Barat dan Kendari Sulawesi Tenggara pada hari keenam kampanye, Minggu (3/12).

Pasangan dari Calon Wakil Presiden Mahfud Md. dijadwalkan jalan pagi pada hari bebas kendaraan bermotor (car free day) di Jalan Udayana, Lombok, pada pukul 07.00 WITA.

Setelah itu, Ganjar menghadiri pertemuan dengan tim pemenangan daerah (TPD), calon anggota legislatif (caleg), dan sukarelawan di Hotel Grand Legi, NTB, pada pukul 09.10 WITA. Selanjutnya pada pukul 10.40 WITA, Ganjar mengunjungi Tuan Guru Bagu di Pondok Pesantren (Ponpes) Qomarul Huda Bagu.

Pada pukul 12.15 WITA, Ganjar bersiap melakukan perjalanan menuju Kendari. Diperkirakan sampai pada pukul 14.00 WITA.

Ganjar berdialog dengan masyarakat di sekitar Hotel Claro, Kendari, pada pukul 14.50 WITA. Pada pukul 16.05 WITA, menghadiri pertemuan dengan Toga Toma di hotel tersebut.

Menjelang malam, pukul 17.25 WITA, Ganjar melakukan pertemuan dengan TPD, tim pemenangan kabupaten/kota (TPK), caleg, dan sukarelawan di Hotel Sahid Azizah. Setelah itu, pada pukul 19.30 WITA, Ganjar menemui sejumlah milenial dan generasi Z Kendari di Hotel Claro.

Kegiatan ngopi bareng bersama UMKM di Warung Kopi H. Anto 2 pada pukul 20.30 menjadi akhir dari kampanye Ganjar pada hari keenam kampanye.

Kemudian, Mohammad Mahfud Mahmodin alias Mahfud Md akan menyambangi tiga pesantren di wilayah Jawa Timur. Mahfud Md mengawali kampanyenya di Situbondo, Probolinggo dan Bondowoso.

Mahfud tiba pukul 10.00 WIB akan menggelar silaturahmi dengan pengurus Ponpes Salafiyah Syafiiyah Situbondo dan dialog kepesantrenan dengan para santri.

Selanjutnya pada pukul 12.30 WIB, Mahfud tiba di Probolinggo untuk bersilaturahmi dengan pengasuh pesantren se-Probolinggo dan Pasuruan di Ponpes Nurul Jadid Paiton, Probolinggo.

Rangkaian kegiatan Mahfud di Jawa Timur pada hari keenam kampanye diakhiri dengan menghadiri shalawatan dan doa bersama di Lapangan Victory, Bondowoso pada pukul 20.00 WIB.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023