Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menyebarkan ratusan ekor sapi ke kabupaten dan kota di wilayah setempat untuk mengoptimalkan pengembangan sektor peternakan.
 
Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Sunarti dalam keterangan yang diterima di Palangka Raya, Senin, menyampaikan, tujuan pendistribusian dan pengembangan ternak adalah meningkatkan populasi ternak di daerah, menyediakan sumber bahan pangan nabati, hingga meningkatkan jumlah Rumah Tangga Usaha Peternak (RTUP).

"Pendistribusian ini merupakan bagian dari kegiatan penyediaan benih/bibit ternak dan hijauan pakan ternak," jelasnya.

Adapun kabupaten dan kota yang menjadi sasaran di antaranya Kapuas, Pulang Pisau, Palangka Raya, Gunung Mas, Katingan, Kotawaringin Timur, serta lainnya.
 
Pemprov Kalteng meminta agar bantuan ternak tersebut dapat dikembangkan secara bertanggung jawab dan dimanfaatkan dalam meningkatkan kesejahteraan peternak.
 
Sunarti menekankan, ketua kelompok tani harus benar-benar bertanggung jawab pada bantuan ternak yang diterima dan dapat bekerja sama dengan semua anggota kelompok untuk memelihara ternak yang diterima tersebut.
 
Dalam pemeliharaannya agar dilakukan secara koloni dan selalu berkonsultasi dengan petugas peternakan yang ada di lapangan jika terjadi sesuatu penyakit atau hal lainnya. Adapun jumlah ternak yang didistribusikan untuk kabupaten dan kota di Kalteng sekitar 850 ekor sapi.
 
Sebelumnya Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo menekankan pemprov berkomitmen mendukung pengembangan sektor peternakan, di antaranya melalui bantuan bibit sapi, kambing, termasuk sarana prasarana.
 
Adapun salah satu yang mendapat perhatian dari pihaknya, yakni perkembangan usaha peternakan dan kesehatan hewan menjadi isu strategis khususnya dalam hal penyediaan pangan yang aman, sehat, utuh, dan halal.
 
"Kami pun mengajak para pelaku usaha di sektor peternakan meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pengembangan usaha peternakan, didukung kesehatan hewan yang tangguh, sarana prasarana yang memadai, dan kebijakan usaha hulu ke hilir," jelasnya.
 
Menurutnya komoditas peternakan merupakan salah satu sumber pangan strategis yang dibutuhkan masyarakat dan beberapa komoditas pangan yang berkontribusi terhadap tingkat inflasi daerah. Oleh karenanya pengembangan peternakan sangatlah penting untuk dilakukan.

Baca juga: Gubernur Kalteng bantu nelayan Barito Selatan 13 unit perahu mesin
Baca juga: Kalteng fokuskan bangun SDM dengan optimalkan sektor pendidikan
Baca juga: Kalteng bangun tambak udang bantu pemenuhan target produksi nasional

 

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023