Shanghai (ANTARA) - Presiden China Xi Jinping menekankan percepatan pembangunan Shanghai jadi kota metropolitan yang modern, sosialis, dan internasional.  Dia menyampaikan pernyataan tersebut dalam sebuah tur inspeksi di Shanghai yang berlangsung dari Selasa (28/11) hingga Sabtu (2/12).

Xi mendesak Shanghai untuk mempercepat pembangunannya menjadi kota metropolitan yang modern, sosialis, dan internasional dengan pengaruh global, serta memainkan peran utama dan teladan dalam memajukan modernisasi China.

Dia menginspeksi Shanghai Futures Exchange pada Selasa sore tak lama setelah dia turun dari kereta.

Xi mendesak bursa itu untuk mempercepat pembangunan sebuah bursa kelas dunia, serta memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mengeksplorasi sistem regulasi masa depan dan model bisnis dengan karakteristik China serta membangun pusat keuangan internasional.

Ketika mengunjungi Kota Sains Zhangjiang di Kawasan Baru Pudong, Xi menuturkan bahwa mendorong modernisasi China tidak dapat dipisahkan dari dukungan strategis ilmu pengetahuan dan teknologi, pendidikan, serta talenta, dan bahwa Shanghai harus memimpin dalam hal ini.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023