Direktur Reskrimsus Polda Babel selaku Kasatgas Pangan melaksanakan giat operasi pasar gabungan untuk menekan inflasi.
Pangkalpinang (ANTARA) - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung Irjen Pol Tornagogo Sihombing memerintahkan Direktorat Reserse  Kriminal Khusus (Reskrimsus) menggencarkan operasi pasar pangan untuk membantu mengendalikan inflasi di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Direktur Reskrimsus Polda Babel selaku Kasatgas Pangan melaksanakan giat operasi pasar gabungan untuk menekan inflasi," kata Irjen Pol Tornagogo Sihombing dalam pesan singkatnya yang diterima LKBN ANTARA Babel di Pangkalpinang, Senin.

Baca juga: Bulog siapkan strategi operasi pasar murah di Sumut

Ia mengatakan Reskrimsus bersama Tim TPID Provinsi Kepulauan Babel akan melakukan operasi pasar untuk memastikan stabilitas harga komoditas pangan dan hasilnya akan menjadi bahan analisa dan evaluasi dalam rapat Forkopimda nanti.

"Apa yang disampaikan BPS Kepulauan Babel terkait hal-hal yang perlu diintervensi dalam pengendalian laju inflasi dan operasi pasar ini harus terus dilaksanakan secara rutin serta insidentil," katanya.

Ia menyatakan Pemprov Kepulauan Babel, Direktorat Reskrimsus Polda bersama Tim PPID mulai Selasa (5/12/2023) akan melaksanakan operasi pasar selama satu minggu ke depan.

"Operasi pasar ini langkah kami untuk memastikan pergerakan harga di pasar, serta melakukan tindakan-tindakan preventif dan korektif yang tentunya berpengaruh pada pengendalian inflasi di daerah ini," katanya.

Baca juga: Disdagin Kulon Progo gelar pasar murah di wilayah kemiskinan ekstrem

Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga mengatakan Tanjungpandan Belitung pada November 2023 terjadi inflasi year on year (y-on-y) sebesar 5,89 persen dengan (IHK) sebesar 120,62. Inflasi y-on-y Tanjungpandan ini tertinggi di Indonesia dan terendah di Jayapura 1,82 persen dengan IHK 112,99.

Ia menyarankan dalam menekan inflasi y-on-y pada ini, pemerintah daerah terus berupaya melakukan pemenuhan permintaan  beberapa komoditas menjelang Natal dan Tahun Baru 2024 yang akan semakin tinggi.

Selain itu, supply chain management dalam pendistribusian barang  mengoptimalkan peran transportasi laut, udara, dan darat yang sangat memegang peran dalam menahan laju inflasi.

"Ketersediaan stock komoditas pangan dalam menjelang Nataru perlu diperhitungkan dan mencermati komoditas-komoditas penting yang menjadi stimulus  inflasi," katanya.

Pewarta: Aprionis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023