Medan (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara menyiapkan berbagai strategi operasi pasar murah di Sumut, salah satunya melalui koordinasi intensif dengan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di wilayahnya.

"Untuk pasar murah yang dikoordinasikan Disperindag ESDM Sumut, misalnya, mereka akan mengirim surat ke Bulog Sumut dengan tembusan ke pemerintah kabupaten atau kota lokasi pelaksanaan pasar murah," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu kepada ANTARA di Medan, Minggu.

Arif melanjutkan, surat dari dinas provinsi tersebut akan ditanggapi Bulog Sumut dengan mengeluarkan perintah untuk kantor cabang atau kantor cabang pembantu terdekat.

Di Sumut, Perum Bulog memiliki satu kanwil yang membawahi delapan cabang dan cabang pembantu yakni Kantor Cabang Medan, Kantor Cabang Pembantu Kabanjahe, Kantor Cabang Pembantu Gunungsitoli, Kantor Cabang Pembantu Rantauprapat, Kantor Cabang Padang Sidempuan, Kantor Cabang Pematang Siantar, Kantor Cabang Kisaran serta Kantor Cabang Pembantu Sibolga.

Akan tetapi, Arif menambahkan, jika pasar murah dikoordinasikan oleh pemerintah kabupaten-kota, dinas perdagangan setempat dapat langsung memberikan informasi resmi ke kantor cabang/cabang pembantu Bulog terdekat.

Nantinya, kantor cabang atau cabang pembantu tersebut akan memberikan stok beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), gula serta minyak goreng sesuai kebutuhan.

"Sejauh ini ada surat untuk pasar murah di Kabupaten Toba dan Kota Padang Sidempuan," kata Arif.

Dia menekankan, pasar murah tersebut akan menjadi wadah Perum Bulog untuk semakin mengoptimalkan penyaluran beras SPHP demi menekan harga beras.

Adapun Pemerintah Provinsi Sumut menyiapkan langkah strategis untuk mengantisipasi kenaikan harga maupun kelangkaan pasokan bahan pangan, sebagai upaya mencegah inflasi pada momen Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Salah satu usaha untuk mengendalikan harga kebutuhan pokok tersebut adalah dengan menggelar pasar murah di sejumlah daerah agar harga sembako tidak melambung.

  Baca juga: Bulog Sumut: Distribusi beras Program SPHP salah satu upaya bina RPK

Baca juga: Bulog Sumut: Penyaluran bantuan beras 2024 dilakukan sesuai instruksi


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023