Stoknya aman sekali
Medan (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara memastikan stok beras dan gula konsumsi di wilayahnya aman untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan sampai Idul Fitri 2024.

"Stoknya aman sekali," ujar Wakil Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara Maruly Abraham Syah di Medan, Jumat.

Maruly melanjutkan, saat ini Bulog Sumut memiliki stok cadangan beras pemerintah sekitar 20 ribu ton di gudang.

Kemudian, dia menambahkan, pasokan beras tambahan akan datang lagi pada akhir Februari 2024 sebesar 10 ribu ton. Lalu pada Maret 2024, Maruly menyebut akan datang tambahan beras impor ke Sumut kurang lebih 20 ribu ton.

Jumlah stok yang ada itu dianggap cukup oleh Bulog Sumut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan 2024, yang jatuh pada minggu kedua bulan Maret, termasuk untuk mencukupi pemberian bantuan pangan beras tahap pertama Januari-Maret 2024.

"Jadi dua bulan ini pasokan aman," kata Maruly.

Sementara untuk gula, dia juga menegaskan bahwa stoknya di Sumut memadai setidak-tidaknya sampai tiga bulan ke depan. Gula pasir di Sumut, Maruly memaparkan, stok terkininya lebih dari 800 ton.

"Untuk tambahannya kini masih dalam proses. Saya kira itu aman untuk tiga bulan," tutur Maruly.

Secara nasional, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memastikan stok beras cukup untuk menghadapi bulan puasa Ramadhan, yang diperkirakan berlangsung pada Maret hingga April 2024.

Perum Bulog menyatakan pula stok beras nasional mencapai 1,18 juta ton yang dipastikan aman untuk memenuhi kebutuhan hingga April 2024.

Baca juga: Bulog Sumut cukupi kebutuhan pangan selama puasa-Lebaran 2024
Baca juga: Bulog Sumut: Target penyaluran beras SPHP 73 ribu ton pada 2024


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024