Untuk daerah yang jangkauannya tergolong sulit memang dilakukan sekali penyaluran.
Medan (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara (Sumut) mengejar penuntasan bantuan pangan beras periode Januari-Maret 2024 di wilayahnya.

"Kami harus menyelesaikannya Maret ini," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu, di Medan, Jumat.

Arif melanjutkan, mulai Januari sampai Jumat, pukul 15.30 WIB, Bulog Sumut dibantu pendistribusiannya oleh PT Pos Regional I Sumatera sudah menyalurkan 20.516,78 ton beras bantuan atau 73,20 persen dari target total 28.027,68 ton.

Sepanjang periode itu, bantuan sudah diberikan 100 persen ke seluruh wilayah Sumut untuk bulan Januari dan Februari 2024.

Untuk Maret, penyaluran beras bantuan itu baru 19,61 persen atau 1.831,66 ton.

Namun, untuk wilayah di Sumut yang bergeografis sulit yaitu di Kepulauan Nias, pendistribusian sudah tuntas lantaran setiap keluarga penerima manfaat (KPM) di sana mendapatkan langsung beras bantuan untuk tiga bulan sekaligus, dengan total 30 kilogram, dalam sekali pemberian.

"Untuk daerah yang jangkauannya tergolong sulit memang dilakukan sekali penyaluran," kata Arif.

Sementara untuk penyaluran Maret 2024, Arif menegaskan bahwa pihaknya di lapangan terus mempercepat supaya semuanya tuntas sesuai target.

"Ada memang beberapa daerah yang pemberian beras bantuan itu baru masuk untuk periode Maret. Hal tersebut karena sebelumnya masih fokus menyelesaikan kewajiban bulan Februari," ujar dia lagi.

Pembagian bantuan pangan beras pemerintah pada tahun 2024 dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama pada Januari hingga Maret, dan tahap kedua dari April hingga Juni. Pada program ini, setiap KPM mendapatkan 10 kilogram beras per bulan.

Pada Januari-Maret 2024, ada 934.256 KPM di Sumut yang mendapatkan bantuan tersebut.

Pemberian bantuan beras itu merupakan program pemerintah untuk meringankan beban masyarakat, sekaligus mengendalikan harga beras.

Program tersebut pertama kali dilakukan pada tahun 2023. Ketika itu, Bulog Sumut telah menyalurkan dua tahap bantuan pangan beras untuk KPM di wilayahnya.

Tahap pertama dilakukan selama tiga bulan mulai Maret, kemudian dilanjutkan pada tahap kedua, yakni periode September-November 2023. Lalu, pemerintah memutuskan untuk memperpanjang program itu sampai Desember 2023.
Baca juga: Bulog Sumut efektifkan penyaluran bantuan beras Januari-Maret 2024
Baca juga: Gubernur sebut bantuan pangan sangat penting tekan inflasi di Sumut


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024