Pencapaian ini merupakan pengakuan internasional atas komitmen PLN EPI dalam penerapan GCG yang konsisten.....
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) sebagai anak usaha PLN, meraih delapan penghargaan global melalui penyusunan Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan Tahun 2022 di ajang LACP Spotlight dan Inspire Award 2023 yang diadakan oleh League of American Communications Professionals LLC (LACP).

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara di Jakarta, Senin,  menerangkan bahwa penghargaan ini merupakan bentuk komitmen PLN EPI dalam menerapkan transparansi informasi publik melalui informasi perusahaan yang transparan dan akurat kepada stakeholder.

Di sisi lain, torehan ini merupakan salah satu pencapaian dalam menjalani good corporate governance (GCG) sebagai upaya pemenuhan peraturan (compliance).

“Pencapaian ini merupakan pengakuan internasional atas komitmen PLN EPI dalam penerapan GCG yang konsisten melalui Laporan Tahunan dan Laporan Keberlanjutan dan menjadi motivasi bagi perusahaan untuk terus meningkatkan standar komunikasi dan transparansi perusahaan, serta berkomitmen untuk memberikan informasi yang akurat, relevan, dan bermanfaat kepada semua pihak yang terlibat dengan PLN EPI," ujar Iwan Agung.

Baca juga: Jaga rantai pasok energi, PLN EPI raih Best In Class di IPEA 2023

Ia mengatakan delapan penghargaan tersebut adalah 2 Platinum Award, Top 100 Corporate Publications, Top 100 Communications Materials untuk Laporan Tahunan PLN EPI Tahun 2022 dan 1 Platinum Award, 1 Gold Award, Top 100 Corporate Publications, Top Communications Materials untuk Laporan Keberlanjutan PLN EPI Tahun 2022.

PLN EPI menempati peringkat 13 untuk Laporan Tahunan 2022 dari 100 perusahaan dunia, dan menempati peringkat 14 untuk Laporan Keberlanjutan 2022 dari 100 perusahaan dunia. Dengan pencapaian ini, PLN EPI mengungguli perusahaan ternama di dunia seperti SK Telecom dan Lotte Corporation dari Korea.

Dalam Laporan Tahunan 2022 PLN EPI mengangkat tema "Membangun Pondasi Ketersediaan Energi Primer Menuju Net Zero Emmision." Sementara dalam Laporan Keberlanjutan 2022, PLN EPI mengangkat tema "Membangun Pondasi Keberlanjutan Mendukung Pencapaian Target Net Zero Emmision".

Baca juga: PLN EPI tingkatkan penerapan program co-firing biomassa PLTU

League of American Communications Professionals melakukan penilaian terhadap ratusan perusahaan yang berpartisipasi berdasarkan enam indikator yakni first impression, keseluruhan pesan narasi, kejelasan narasi pesan narasi yang disampaikan kepada pemegang saham, kreatifitas penyusunan dan desain Annual Report perusahaan serta relevansi perspektif .

League of American Communications Professionals LLC (LACP) merupakan badan independen yang membuat kompetisi Laporan tahunan yang diikuti berbagai perusahaan di berbagai macam industri dari seluruh dunia termasuk peserta dari Fortune Global 500 setiap tahun.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023