Jakarta (ANTARA) - Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mendukung pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar masyarakat Indonesia memiliki kecakapan hidup guna meningkatkan kesejahteraan.

“YPA-MDR berkontribusi meningkatkan kualitas SDM agar memiliki kecakapan hidup yang dapat meningkatkan kesejahteraan di wilayahnya, mencintai seni budaya lokal, dan memiliki karakter yang didasari nilai-nilai luhur Indonesia,” kata Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim di Jakarta, Senin.

Salah satu upaya YPA-MDR adalah dengan meningkatkan kompetensi guru, kepala sekolah, manajemen sekolah, dan komite sekolah untuk mencapai standar pendidikan sesuai kebijakan Kemendikbudristek melalui Kurikulum Merdeka.

Hal tersebut dibuktikan melalui status sekolah binaan yang meraih Akreditasi A, Predikat Sekolah Unggul, sertifikat ISO 9001: 2015, sekolah berbasis Information and Communication Technology (ICT), sekolah berbasis riset, dan Sekolah Adiwiyata.

Baca juga: Lestari: Peningkatan daya saing SDM harus jadi perhatian bersama

Pada 2023, lanjutnya, YPA-MDR menambah wilayah binaan baru yaitu 11 sekolah di Kabupaten Manggarai Timur,  Nusa Tenggara Timur (NTT), dan 15 sekolah di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Kami memperkuat dua wilayah ini dengan mengirimkan 26 Guru Muda Garda Depan (GMGD) yang berperan sebagai agen perubahan untuk memajukan pendidikan di sekolah binaan,” kata Gunawan.

Selain itu YPA-MDR mengadakan Festival Generasi Cerdas di Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, yang dimeriahkan dengan berbagai macam lomba dan festival seni budaya.

YPA-MDR turut menyelenggarakan Forum Komunikasi Sekolah Binaan (FKSB) X pada tahun ini dalam rangka menyatukan visi dan misi setiap sekolah binaan yang dihadiri oleh 122 kepala sekolah, sembilan guru, dan tiga pengawas sekolah.

Baca juga: Kemnaker: UU Cipta Kerja berikan ruang peningkatan kualitas SDM

Pada FKSB, YPA-MDR pun melaksanakan pengukuhan 32 sekolah independen yakni pendeklarasian sekolah yang dianggap sudah mencapai status sekolah unggul sehingga mampu beroperasi secara mandiri.

Sementara untuk tahun depan, kata dia, YPA-MDR berkomitmen melanjutkan misi sebagai agen perubahan dalam meningkatkan mutu pendidikan di wilayah tertinggal dan strategis, melalui sinergitas pembinaan yang terintegrasi seperti di SDN 020 Sepaku, IKN. 

“YPA-MDR mengobarkan semangat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Semua daya dan upaya yang dilakukan sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” ujar Gunawan.

Baca juga: Peningkatan kualitas SDM faktor krusial dorong transformasi ekonomi

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023