Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang
Manado (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan lebat disertai angin kencang melanda wilayah Sulawesi Utara (Sulut) hingga Kamis.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 7 Desember 2023," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle di Manado, Senin.

Sebagian besar wilayah kabupaten dan kota di provinsi ujung utara Sulawesi tersebut memperoleh peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang," ujarnya.

Baca juga: BMKG: Sulut berpotensi hujan lebat hingga 29 November

BMKG, kata dia, akan membantu warga dan para pemangku kepentingan memutakhirkan data dan informasi peringatan dini pada masing-masing kabupaten dan kota melalui kanal informasi yang terverifikasi.

Peringatan dini cuaca ekstrem tanggal 5 Desember 2023 mencakup wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pada hari berikutnya (6/12) BMKG memprakirakan cuaca ekstrem terjadi di wilayah Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Sedangkan pada 7 Desember cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Baca juga: BMKG:  Waspada cuaca ekstrem di Jawa Tengah pada 4-6 Desember
Baca juga: BMKG: Waspada peningkatan potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023