Malang (ANTARA) - Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyebutkan partainya akan mengawal Rancangan Undang-undang (RUU) Perampasan Aset bila partainya lolos masuk ke parlemen (DPR RI).

Kaesang mengatakan hal itu saat berdialog dengan masyarakat Tionghoa yang ada di Kota Malang, Jawa Timur, Senin.

"Saya minta nanti bapak-bapak dan ibu-ibu juga untuk mendukung kami, karena kalau tidak (didukung) kita tidak akan bisa mengawal ini," kata Kaesang.

Hal itu lantaran meloloskan RUU Perampasan Aset menjadi UU bukan perkara yang mudah.

"Karena kalau kita lihat mungkin banyak partai yang enggak akan mau, memiskinkan (koruptor) saja enggak mau, apalagi menghukum mati," ujar dia.

Oleh karena itu, Kaesang menilai RUU Perampasan Aset adalah hal yang paling realistis ke depan.

"Karena kita tahu koruptor itu takutnya miskin, tidak takut dipenjara, karena di penjara juga mungkin enak, kayak di hotel. Tapi sekali lagi lagi, ketika kami mengajukan RUU Perampasan Aset harus didukung (oleh publik)," tuturnya.

Sebelum menemui warga Tionghoa, Kaesang bertemu sejumlah tokoh agama di Pondok Pesantren An Nur II di Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Selain itu, bertemu influencer muda di Kota Malang.

Setelah bertemu warga Tionghoa di Kota Malang, Kaesang bertolak ke Kabupaten Jember. Kaesang melaksanakan kampanye politik di Jawa Timur pada 2 hingga 6 Desember 2023.

Sejumlah wilayah yang akan dikunjungi putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut antara lain adalah Lamongan, Tuban, Magetan, Banyuwangi, Jember, Pasuruan dan Surabaya. Kunjungan tersebut, diharapkan bisa menarik simpati masyarakat Jawa Timur.

Pemilu Legislatif 2024 diikuti 18 partai politik nasional yakni (sesuai nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem, Partai Buruh, Partai Gelora Indonesia, Partai Keadilan Sejahtera.

Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional, Partai Bulan Bintang, Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Ummat.

Selain itu Pemilu Legislatif 2024 juga diikuti enam partai politik lokal yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara Pemilu Legislatif 2024 dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Kaesang ingatkan warga Madiun tidak golput di Pemilu 2024
Baca juga: Kaesang jenguk simpatisan PSI penderita kanker lidah di Kediri
Baca juga: Kaesang target PSI Surabaya dapat delapan kursi di DPRD

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023