Banjarmasin (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memberikan anugerah kepada Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor “Top Digital Awards 2023” berupa penghargaan Top Leader on Digital Implementation dan Top Digital Implementation Bintang Empat di Jakarta, Senin.

“Kemenkominfo memberikan dua buah penghargaan ini karena keberhasilan Kalimantan Selatan mengimplementasikan transformasi digital bidang informasi, komunikasi, dan teknologi,” kata Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dalam keterangan tertulis yang diterima di Banjarmasin, Senin.

Ia menyebutkan penghargaan itu diberikan melalui riset, wawancara penjurian, dari ribuan lembaga mulai dari kementerian hingga pemerintah daerah dengan klasifikasi nilai mulai dari bintang satu hingga bintang lima.

“Kami sangat senang dapat meraih penghargaan dari Kemenkominfo, saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi bagi seluruh jajaran perangkat daerah di Kalimantan Selatan dalam mengembangkan teknologi informasi,” ujar dia.

Baca juga: Bank Kalsel gondol penghargaan Top Digital Corporate Brand Award 2023

Baca juga: Gubernur Kalsel ingin program Merdeka Belajar entaskan kemiskinan


Sahbirin menjelaskan pengembangan pemanfaatan teknologi informasi sangatlah penting karena dapat memberikan kemudahan kepada pemerintah dalam melayani masyarakat, secara cepat, efisien, dan transparan.

Dia mengatakan ke depan, Pemprov Kalsel beserta pemerintah daerah di kabupaten dan kota akan lebih memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan pemerintah pusat agar masyarakat dapat menerima manfaat yang lebih lagi.

Pada kesempatan itu, Sahbirin Noor didampingi Tenaga Ahli Gubernur, Kepala Diskominfo dan jajaran, beserta jajaran Sekretariat Daerah (Setda) Kalsel.

Kepala Diskominfo Kalsel Muhammad Muslim mengatakan pemanfaatan teknologi informasi harus diarahkan ke penyederhanaan birokrasi pemerintahan dengan catatan tidak mengurangi kualitas dari pelayanan publik.

“Pelayanan publik sepenuhnya harus di akses melalui satu pintu, agar lebih mudah, efektif, dan efisien,” ujar Muslim.*

Baca juga: Gubernur Kalsel dan mahasiswa bersatu dalam program cegah stunting

Baca juga: Gubernur Kalsel distribusikan 14 truk telur ayam cegah stunting

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023