Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Mujiyono mendesak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelesaikan tiga tempat logistik dan rekapitulasi hasil Pemilu 2024.

"Sekarang tinggal tiga tempat, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dan Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma bersedia menuntaskan sebelum tanggal 10 Desember 2023," kata Mujiyono usai rapat Komisi A DPRD DKI Jakarta, Senin.

Mujiyono menuturkan tiga tempat itu berada di Kemayoran di Jakarta Pusat serta Mampang Prapatan dan Kebayoran Lama di Jakarta Selatan.

Tempat itu menjadi lokasi kotak suara dan rekapitulasi data hasil pemilu menyesuaikan standar yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia.

Baca juga: Bawaslu DKI periksa kegiatan capres-cawapres di HBKB

"Itu rencananya disewakan dan akan berkoordinasi dengan kepala Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) dan Sekda yang akan dikeluarkan melalui Instruksi Sekretaris Daerah (Insekda) DKI Jakarta," katanya.

Selain itu, dia juga mengusulkan agar pemerintah kota bisa memanfaatkan alokasi anggaran dari Belanja Tidak Terduga (BTT) di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024.

"Karena pemilu ini kategori darurat mendesak bisa mengambil dari BTT untuk sewa tempat itu dan yang mengajukan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)," katanya.

Anggota DPRD DKI Jakarta Agustina Hermanto atau Tina Toon mengingatkan tempat logistik dan rekapitulasi pemilu juga harus memperhatikan jaringan internet (Wi-Fi) untuk pendataan daring.

"Segala macam seperti Wi-Fi itu perlu diperhatikan karena perhitungan suara itu penuh waktu, kalau ada kesalahan waktu aja beda tuh hasilnya," kata Tina.

Baca juga: Dinkes siapkan fasilitas pemeriksaan kesehatan bagi KPPS Pemilu 2024

Pemerintah Provinsi DKI diharapkan mampu menyiapkan tempat logistik dan rekapitulasi Pemilu 2024 di 44 kecamatan. Adapun Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Jakarta berjumlah 30.766.

Jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 mencapai 8.252.897 dengan total pemilih disabilitas sejumlah 61.747 orang.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023