Hari ini diberikan secara simbolis kepada 217 penerima manfaat program PTSL dari total 388.399 penerima se-Jabar
Bandung (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberikan 388.399 sertifikat hak atas tanah yang didaftarkan melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) bagi penerima di seluruh Jawa Barat.

"Hari ini diberikan secara simbolis kepada 217 penerima manfaat program PTSL dari total 388.399 penerima se-Jabar," kata Pj Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin di Gedung Sate Bandung, Senin.

Penyerahan sertifikat ini, seiring dengan diserahkannya 2.550.800 sertifikat tanah se-Indonesia oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara secara daring dan luring, sekaligus diluncurkannya sertifikat tanah elektronik.

Sementara itu, Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jabar mencatat dari total bidang tanah di Jabar saat ini sebanyak 22,9 juta, sudah 60 persen di antaranya telah tersertifikasi.

"Total jumlah bidang tanah di Jabar sebesar 22,9 juta bidang. Yang hari ini terdaftar sudah 60 persen, jadi masih ada 9,4 juta bidang lagi terus kita akselerasi sertifikasinya," ujar Kepala Kanwil BPN Jabar Dalu Agung Darmawan di lokasi yang sama.

Sejak digulirkan program PTSL pada 2017, kata Dalu, sampai dengan 2022, BPN Jabar sudah memetakan 6,7 juta bidang tanah, dan dari jumlah tersebut 4,7 juta bidang yang sudah tersertifikasi.

"Jadi akselerasinya sudah cukup pesat," ucapnya.

Pada Desember 2023, pihaknya menargetkan 800.000 bidang melalui program PTSL pada 26 kabupaten/kota di Jabar, tuntas tersertifikasi.

"Target 800.000 bidang PTSL di akhir bulan Desember ini kita akan tuntaskan," kata Dalu.

Baca juga: Bey minta REI Jabar perhatikan kesehatan-lingkungan bangun perumahan

Baca juga: Jabar perluas peluang kerja sama dengan Jerman terkait pekerja migran

Baca juga: Pj Gubernur minta industri wisata hingga pemengaruh promosikan BIJB

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023