Semoga dengan adanya BLK Komunitas dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai yang dibutuhkan oleh pasar kerja
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengharapkan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas dapat meningkatkan kompetensi dan produktivitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

"Semoga dengan adanya BLK Komunitas dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai yang dibutuhkan oleh pasar kerja," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Pembangunan BLK Komunitas, di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (4/12) malam, Menaker Ida Fauziyah mengatakan dari perspektif ketenagakerjaan, penguatan pelatihan vokasi mendapatkan perhatian sebagai implementasi orientasi demand driven dalam merespon angkatan kerja di berbagai sektor industri maupun jasa, serta pasar kerja global yang semakin kompetitif.

Baca juga: Kemnaker: Instruktur BLK Komunitas miliki peran bangun SDM

"Oleh karena itu perlu akselerasi sinergitas program pengembangan pelatihan vokasi dengan perluasan kesempatan kerja guna mewujudkan Indonesia Emas 2045," ujar Menaker Ida Fauziyah.

Menaker mengatakan akselerasi transformasi pelatihan vokasi dilakukan untuk mempercepat pembangunan SDM dalam jangka panjang melalui upaya peningkatan akses serta mutu pendidikan dan pelatihan vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja.

"Salah satunya dengan meningkatkan kompetensi program pelatihan vokasi yang ada diselenggarakan di Balai Latihan Kerja Komunitas," kata Menaker Ida Fauziyah.

Ia menambahkan dengan adanya pembangunan BLK Komunitas, pemerintah bertekad untuk menyiapkan tata kelola, sarana, prasarana serta SDM yang kompeten dan hebat dalam memperkuat ekosistem inovasi.

Baca juga: Menaker: BLK Komunitas solusi bagi lulusan pesantren dapat bersaing
Baca juga: Menaker: BLK Komunitas upaya kembangkan kompetensi angkatan kerja
 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023