Kami minta warga waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir
Lebak (ANTARA) -
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah Provinsi Banten berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir/kilat sepanjang hari ini.
 
"Kami minta warga waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir," kata Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang Tatang dalam keterangan yang diterima di Lebak, Selasa.
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini dan waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang serta sambaran petir/kilat yang berpotensi terjadi di Kabupaten Lebak, Kota Serang, Kabupaten Serang, Kabupaten Pandeglang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dan Kabupaten Tangerang.

Baca juga: BMKG: Sejumlah wilayah RI diprakirakan hujan disertai petir hari ini
 
Sedangkan untuk Kota Cilegon, BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan cuaca buruk.
 
Selain itu juga BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk pesisir Kabupaten Lebak, karena potensi tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter di perairan selatan Banten dan tinggi gelombang di perairan Samudera Hindia 2,0 hingga 4,0 meter.
 
Begitu pula pesisir Kabupaten Pandeglang, kata dia, potensi tinggi gelombang di Perairan Selat Sunda bagian selatan antara 1,25 sampai 2,50 meter atau kategori sedang.
 
Suhu udara di wilayah  Banten rata-rata berkisar 23 hingga 33 derajat Celsius dengan kelembapan udara 65 sampai 95 persen. Sementara arah angin untuk wilayah Kabupaten Lebak bergerak dari arah utara hingga barat daya dengan kecepatan 05 - 30 kilometer per jam.

Baca juga: BMKG keluarkan peringatan dini cuaca buruk di Jaksel dan Jakbar
Baca juga: BMKG:  Waspada cuaca ekstrem di Jawa Tengah pada 4-6 Desember
 
 
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023