Membayar zakat lebih awal akan memberikan banyak manfaat sehingga pelaksanaan ibadah Ramadhan lebih optimal karena kewajiban telah ditunaikan,"
Padang (ANTARA News) - Lembaga amil zakat Pos Keadilan Peduli Umat (PKPU) Padang mengimbau masyarakat untuk menunaikan kewajiban membayar zakat lebih awal.

"Membayar zakat lebih awal akan memberikan banyak manfaat sehingga pelaksanaan ibadah Ramadhan lebih optimal karena kewajiban telah ditunaikan," kata Kepada Bidang Pendayagunaan PKPU Padang Dedi Abdul Kadir di Padang, Senin.

Dikatakannya, dengan membayar zakat lebih awal baik melalui lembaga amil zakat atau disalurkan langsung, masyarakat dapat lebih fokus melaksanakan ibadah Ramadhan dengan optimal terutama 10 hari terakhir.

"Apalagi selama ini budaya yang berkembang dimasyarakat membayar zakat biasanya dilakukan pada minggu terakhir Ramadhan," lanjut dia.

Padahal menurutnya, pada minggu terakhir Ramadhan sesuai tuntunan Islam sebaiknya kita lebih mengoptimalkan ibadah dan tidak terlalu disibukan dengan persiapan menyambut lebaran.

"Selain itu, dengan menunaikan zakat lebih awal maka penyalurannya dapat lebih cepat dilakukan," kata dia.

Dikatakannya, jika penyaluran zakat lebih awal, maka penerimanya dapat menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan menjelang lebaran.

Menurutnya, lembaga amil zakat yang menyalurkan juga akan memiliki waktu yang cukup serta lebih tepat sasaran kepada yang benar-benar membutuhkan.

"Penyaluran zakat lebih awal juga akan memberi kebahagiaan kepada masyarakat yang membutuhkan," lanjut dia.

Ia menambahkan, selain menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim, zakat juga turut berkontribusi memberi dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan.

PKPU Padang menargetkan menghimpun dana zakat infak dan sedekah dari masyarakat sebesar Rp2 miliar pada Ramadhan 1434 Hijriyah.

"Target tersebut ditetapkan mengingat potensi zakat yang ada di Padang cukup besar mencapai sekitar Rp20 miliar per tahun dan selama ini belum optimal dihimpun.

Pewarta: Ikhwan Wahyudi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013