Jakarta (ANTARA) - TNI-Polri bahas agenda patroli bersama antara Babinsa dan Bhabinkamtibmas mulai dari tingkat kecamatan hingga provisi untuk  mengawal Pemilu 2024 agar berjalan aman, nyaman, dan lancar sesuai agenda.

Hal ini dibahas dalam pertemuan antara Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Mabes Polri, Jakarta, Selasa.

“Tadi juga dibahas adanya patroli bersama Babinsa dengan Bhabinkamtibmas sampai ke level kapolres, polda, dan kami bersama-sama sinergi,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto usai rapat dengan Kapolri.

Sebelumnya, kata Agus, Polri dan TNI sudah membuat deklarasi pemilu damai di setiap wilayah di seluruh Indonesia. Untuk memperkuat hal itu dilakukan patroli bersama.

“Tujuannya agar Pemilu 2024 berjalan lancar, aman, dan sesuai waktu yang ditentukan,” kata Agus.

Baca juga: TNI-Polri gelar kegiatan jalin sinergisitas personel di Purwokerto
Baca juga: Panglima TNI: Pagelaran "Pandowo Boyong" bentuk sinergisitas TNI-Polri


Sementara itu, Kapolri menekankan sinergi TNI-Polri diperlukan dalam mengawal pesta demokrasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dan pilkada serentak agar berjalan aman, lancar, dan damai.

“Tentunya Polri bersama TNI harus turun di lapangan, karena kami ingin memastikan bahwa yang namanya kegiatan tahapan pemilu, distribusi, pelaksanaan kampanye sampai dengan kegiatan di TPI nanti, pengawalan rekap, menghadapi sengketa-sengketa yang ada semua bisa berjalan dengan aman dan damai,” kata Sigit.

Jenderal polisi bintang empat itu mengingatkan, persatuan dan kesatuan tetap  dijaga di tengah perbedaan pendapat dalam pemilihan calon presiden.

“Perbedaan pendapat di tengah perbedaan pilihan itu bagian dari demokrasi dan tugas kita mengawal agar demokrasi dapat berjalan dengan baik,” ujar Sigit.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023