Jakarta (ANTARA) - Perusahaan yang bergerak di bidang AI Customer Analytics asal Amerika Serikat, 1datapipe resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia dengan memperkenalkan rangkaian solusi dan skor analitik data berbasis artificial intelligence (AI)Customer Analytics 360 derajat.

“Kami sangat senang dapat beroperasi dan berkontribusi untuk memajukan inklusi keuangan di Indonesia. Melalui kekuatan AI dan pemodelan sains data yang canggih, solusi analitik kami melampaui penilaian risiko konvensional,” kata CEO 1datapipe Carey Anderson dikutip dari keterangan pers di Jakarta, Selasa.

Sejalan dengan komitmen Indonesia untuk mencapai inklusi keuangan sebesar 90 persen pada 2024, peluncuran 1datapipe di Indonesia diharapkan menjadi langkah awal menuju lanskap keuangan yang lebih berteknologi dan inklusif di Indonesia dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

Baca juga: Para pemimpin kantor berita bahas peluang dan tantangan AI

Rangkaian solusi AI Customer Analytics 360 derajat yang dihadirkan oleh 1datapipe, yakni verifikasi identitas, mitigasi penipuan, stabilitas pendapatan, penilaian risiko kredit, kebiasaan pembayaran, tren gaya hidup, dan inklusi keuangan.

1datapipe mengintegrasikan lebih dari 500 atribut data yang dipersonalisasi dan menawarkan solusi analitik menyeluruh serta memberikan wawasan mendalam seputar pelanggan. Solusi itu terdiri dari empat lapisan dan mampu mengidentifikasi individu atau pelanggan dengan visibilitas biro kredit terbatas sehingga mereka bisa mendapatkan akses produk keuangan yang lebih luas.

Rangkaian lengkap skor risiko AI Customer Analytic 360 derajat 1datapipe meliputi pengamanan ID skor risiko penipuan, skor stabilitas pendapatan, skor kepercayaan kredit dan skor inklusi finansial.

“Dengan diperkenalkannya solusi dan skor AI Customer Analytic pionir kami, 1datapipe memiliki misi untuk meningkatkan pengambilan keputusan, memitigasi risiko, dan mendorong inklusi keuangan di berbagai pasar di Indonesia,” kata Anderson.

Baca juga: Sedang berkembang, ini 10 istilah AI yang perlu dipahami

Baca juga: AI DeepMind dari Google punya potensi ciptakan ribuan material baru

Baca juga: Microsoft kucurkan 3,2 miliar dolar ke Inggris untuk pengembangan AI

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023