Banjarmasin (ANTARA) - Calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan berjanji akan memprioritaskan ekonomi hijau di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), jika terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Saya melihat Kota Banjarmasin ini mengalami kerusakan ekologis, dan menurut saya permasalahan ini menjadi prioritas kami untuk mengembalikan pembangunan yang lebih baik lagi,” kata Anies di hadapan para pendukung saat berkampanye di Kota Banjarmasin, Selasa.

Anies menyebutkan untuk mewujudkan ekonomi hijau itu, dia akan melibatkan seluruh lapisan masyarakat tanpa mengedepankan kepentingan golongan untuk melaksanakan pembangunan daerah.

“Terlepas dari peningkatan ekonomi hijau dan pembangunan infrastruktur, hal penting yang harus diselesaikan adalah ketimpangan pembangunan manusia,” ujar dia.

Selain itu, dia berjanji akan membangun stadion sepak bola di Kota Banjarmasin agar klub Liga 1 Indonesia PS Barito Putera dapat bermain di kandang setelah beberapa tahun belakangan bermain di luar Banjarmasin.

Anies akan menamai stadion itu “Wasaka Internasional Stadium” yang diambil dari semboyan Kalimantan Selatan yakni “Waja Sampai Kaputing”.

Tidak hanya ekonomi hijau dan fasilitas olahraga, dia juga berjanji akan menurunkan biaya haji dan meningkatkan kuota haji mulai dari 20-30 ribu.

“Saya akan kaji regulasi naik haji dengan baik terkait bagaimana cara menurunkan biaya haji yang tepat seperti negara-negara lain,” ujar Anies.

Baca juga: Anies Baswedan janji bangun kereta api Banjarmasin-Banjarbaru
Baca juga: Kapolda Kalsel jamin keamanan kampanye Anies di Banjarmasin
Baca juga: Cak Imin janji perpanjang Otsus Aceh jika Amin menang Pilpres

 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023