Untuk puskesmas sendiri yang siaga 24 jam ada 546 unit
Bandung (ANTARA News) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menyatakan sebanyak 546 unit pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) disiagakan selama 24 jam untuk melayani pemudik di sepanjang jalur mudik Jawa Barat pada arus mudik Lebaran tahun 2013.

"Untuk puskesmas sendiri yang siaga 24 jam ada 546 unit lalu RSUD 27 unit dan mobil ambulans sebanyak 484 unit," kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati, di Kota Bandung, Selasa.

Menurut dia, untuk menunjang kinerja rumah sakit umum daerah dan puskesmas di sepanjang jalur mudik pihaknya menyiapkan sarana penunjang seperti sebanyak 1.638 orang sopir ambulans disiagakan.

Terkait persoalan cuti bagi petugas medis yang disiagakan di jalur mudik, Alma menjelaskan, pihaknya sudah memikirkan pembagian tugas tenaga medis.

"Jadi untuk petugas medis sendiri nanti sistemnya bagi petugas muslim saat lebaran cuti digantikan sama non muslim. Begitupun saat natal nanti petugas non muslim cuti, diganti sama yang muslim," kata dia.

Ia menambahkan untuk tenaga media Dinkes Jabar menyiagakan sebanyak 984 dokter dan 3.085 orang perawat serta bidan untuk melayani pemudik di wilayah selatan, utara dan tengah Jawa Barat pada arus mudik Lebaran tahun 2013.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013