Balikpapan (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menilai perlu adanya kolaborasi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan baik dari pengajar maupun pelajar di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam membangun sumber daya manusia (SDM) yang produktif.

Hal itu disampaikan Ganjar usai mengunjungi Pondok Pesantren Syaichona Cholil Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa.

"Kalau kita bisa kembangkan sendiri dengan hasil riset dan evaluasi, kita kembangkan. Kalau kita tidak bisa, kita bisa bekerja sama atau kolaborasi," kata Ganjar saat ditanya ANTARA terkait bagaimana Ganjar meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan pelajar generasi muda yang akan jadi bonus demografi di 2030 mengingat ada banyak kampus internasional ingin membangun kampus di IKN.

Ia tak menampik Indonesia dapat secara swadaya meningkatkan kapasitas tenaga pendidik hingga pelajar. Ganjar mengaku ada banyak tenaga pendidik hingga ahli manajemen pendidikan yang sudah memberikan masukan terhadap dirinya.

"Nanti teknisnya biar kawan-kawan menyiapkan dengan baik," ujarnya.

Kendati demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah itu tak mempermasalahkan bila pemerintah pada akhirnya melakukan kerja sama dengan berbagai pihak.

Sebab, ada banyak perguruan tinggi internasional atau kelas dunia yang ingin membuka kampusnya di IKN. Salah satunya, perguruan tinggi asal Amerika Serikat (AS) Standford University.

Untuk diketahui, Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) bersama dengan empat perusahaan teknologi informasi (IT) dan satu institut pendidikan AS berkolaborasi mewujudkan pembangunan kota di IKN Nusantara.

Empat perusahaan teknologi ternama dari AS yang menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan OIKN tersebut adalah Cisco, Autodesk, Microsoft, dan Environmental Systems Research Institute (ESRI).

Keempat penandatanganan MoU tersebut dilakukan sebagai bentuk partisipasi perusahaan global dalam pembangunan kota cerdas di IKN.

OIKN juga menjalin kolaborasi dengan Universitas Standford, Standford Doerr School of Sustainability untuk pusat riset dan penelitian serta inovasi di IKN.

Nusantara adalah Ibu Kota Negara Indonesia di masa depan, yang ditetapkan dan diatur oleh Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022.

Nusantara mengubah orientasi pembangunan menjadi Indonesia-sentris, dan berfungsi untuk mempercepat transformasi ekonomi negara.

Baca juga: Ponpes Cipasung dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024
Baca juga: Ganjar usulkan perubahan iklim masuk kurikulum pendidikan

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023