Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa dengan magnitudo 5,4 di wilayah pantai barat laut Pulau Morotai, Maluku Utara dipicu aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina.

"Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Laut Filipina," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Selasa.

Ia mengemukakan gempa yang terjadi pada Selasa, pukul 19.36.37 WIB itu, terletak di koordinat 2,62 Lintang Utara dan 128,22 Bujur Timur, atau tepatnya di laut berjarak 62 km arah timur laut Pulaudoi pada kedalaman 42 km.

Ia menambahkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik mendatar (oblique-thrust).

Baca juga: Mengajak masyarakat melek mitigasi bencana

Ia mengatakan gempa itu berdampak dan dirasakan di daerah Morotai dengan skala intensitas IV MMI (modified mercally intensity), artinya getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun.

Gempa juga terasa di daerah Halmahera Utara dengan skala intensitas III MMI (getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Daryono mengatakan hingga pukul 20.15 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Ia mengimbau masyarakat agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," katanya.

Ia juga mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: Puluhan ribu orang masih di pusat evakuasi setelah gempa di Filipina
Baca juga: Gempa magnitudo 7,4 landa Melonguane Sulut
Baca juga: BMKG: Gempa M5,0 guncang Laut Seram dipicu aktivitas sesar Seram Utara

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023