BUMN Indonesia bisa seefektif dan seefisien dengan nilai yang tinggi karena punya mitra-mitra yang bagus
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan apresiasi kepada 49 mitra lingkup domestik dan global terkait pencapaian kinerja secara baik dan sehat sepanjang 2022 melalui ajang Apresiasi Mitra BUMN Champion 2023.

Sekretaris Kementerian BUMN Rabin Indrajad Hattari mengatakan sepanjang 2022, capaian konsolidasi BUMN menunjukkan pertumbuhan signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Hal itu dapat terwujud melalui berbagai transformasi serta dukungan kolaborasi dan mitra BUMN.

"BUMN Indonesia bisa seefektif dan seefisien dengan nilai yang tinggi karena punya mitra-mitra yang bagus," ujar Rabin dalam acara Mitra BUMN Champion 2023 di Jakarta, Selasa.

Rabin menyampaikan apresiasi tersebut merupakan wujud komitmen Menteri BUMN Erick Thohir untuk mendorong BUMN agar semakin inklusif kepada pihak swasta maupun koperasi serta usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM).

Program itu diharapkan dapat mendorong semangat kolaborasi BUMN dengan para mitra untuk tahun-tahun berikutnya sehingga tercipta iklim usaha yang kondusif di antara para pihak.

Apresiasi Mitra BUMN Champion 2023 diberikan melalui rangkaian proses seleksi dan penilaian yang dilakukan dengan dasar kinerja kemitraan sepanjang 2022.

Dalam proses seleksi pemberian apresiasi, yang dinilai tidak hanya aspek kontribusi kepada BUMN, tetapi juga memperhatikan rekam jejak dari para mitra dengan menggunakan database yang ada serta sumber informasi pendukung lainnya.

Hal itu merupakan bentuk komitmen Kementerian BUMN dalam mendorong praktik tata kelola perusahaan yang baik, sehingga diharapkan dapat mendorong para mitra BUMN untuk saling menjaga dan menciptakan kolaborasi yang sehat dengan BUMN.

Terdapat 307 mitra yang diusulkan dari 12 klaster BUMN untuk menjadi "Mitra BUMN Champion 2023" dan selanjutnya dari hasil seleksi diperoleh 49 mitra yang diberikan apresiasi oleh Kementerian BUMN pada tahun ini.

49 mitra BUMN tersebut terdiri atas sembilan mitra sebagai kreditur/investor, 12 mitra sebagai distributor/broker, 12 mitra sebagai pemasok/vendor, dan 16 mitra sebagai customer/buyer.

Terdapat dua kategori dari sisi coverage usaha, yaitu mitra nasional dan mitra yang menjangkau luar Indonesia.

Untuk kelas usaha sendiri terbagi dalam tiga kategori yaitu anak perusahaan atau yang terafiliasi dengan BUMN, usaha besar swasta, dan mitra kelas KUMKM.

Beberapa penerima penghargaan antara lain PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Pertamina Patra Niaga, PT Semen Indonesia Distributor, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), dan MIND ID.

Baca juga: Sekretaris Menteri: BUMN harus inklusif bagi mitra domestik dan global
Baca juga: Erick: investor Tiongkok bawa perubahan signifikan bidang hilirisasi
Baca juga: Erick optimistis dividen BUMN lebih besar dari PMN

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023