Jakarta (ANTARA) -
Pada Selasa (5/12), proses evakuasi para pendaki yang terjebak akibat erupsi Gunung Marapi di Sumatra Barat masih dilakukan oleh tim gabungan.
 
Ada pula warta tentang pendaftaran seleksi petugas haji 1445 Hijriah/2024 Masehi yang akan dibuka mulai 7 hingga 17 Desember 2023. Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam rangkuman berikut.

Posko DVI terima 7 pendaki korban erupsi Gunung Marapi, 3 meninggal
 
Rumah Sakit Achmad Mochtar (RSAM) Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), yang ditunjuk sebagai Posko DVI Antemortem korban erupsi Gunung Marapi telah menerima tujuh orang korban hingga Senin (4/12) malam.

 
 
Dari tujuh korban yang dievakuasi ke RSAM, tiga orang diantaranya merupakan korban dalam kondisi meninggal dunia.
 
"Sejak pagi hingga malam ini RSAM menerima total tujuh korban yang merupakan pendaki Gunung Marapi yang mengalami erupsi. Empat menderita luka bakar dan tiga lainnya meninggal," kata Direktur Utama RSAM Busril di Bukittinggi, Selasa.
 
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Imran Pambudi mengimbau masyarakat kembali disiplin memakai masker menyusul adanya temuan kasus pneumonia di DKI Jakarta.

"Sudah ada laporan lisan dari fasilitas kesehatan (faskes) dan saat ini sedang dalam tahap konfirmasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta. Masyarakat diimbau memakai masker sebagaimana mestinya," kata Imran saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin membuka opsi untuk menampung para pengungsi Rohingya di Pulau Galang, Kota Batam, Provinsi Riau.

"Penempatannya di mana? Dulu kita punya Pulau Galang, nanti kita bicarakan lagi apa akan seperti itu," kata Ma'ruf Amin usai menghadiri Peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024 dan Peresmian Universitas Indonesia Industrial Government (I-GOV) Ke-3 Tahun 2023 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa.
 
Kemnaker RI bahas perlindungan pekerja migran ASEAN di Bali
 
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI membahas perlindungan pekerja migran dalam konferensi Pengawasan Ketenagakerjaan ASEAN ke-12 atau The 12th ASEAN Labour Inspection Conference dengan tema "Pelindungan Ketenagakerjaan Pekerja Migran melalui Pengawasan Ketenagakerjaan" di Nusa Dua, Bali, Selasa.
 
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenaker RI Anwar Sanusi mengatakan forum tersebut mewujudkan komitmen ASEAN dalam memberikan pelindungan terhadap pekerja migran melalui pengawasan ketenagakerjaan.
   
Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama membuka pendaftaran seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kelompok Terbang (Kloter) dan PPIH Arab Saudi dimulai 7 Desember 2023.
 
"Hari ini, kami umumkan ke publik bahwa pendaftaran seleksi petugas haji untuk PPIH Kloter dan PPIH Arab Saudi akan segera dibuka. Proses pendaftaran akan berlangsung dari 7 sampai 17 Desember 2023," ujar Direktur Bina Haji Ditjen PHU Arsad Hidayat di Jakarta, Selasa.

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2023