Jakarta (ANTARA) - Lazio melaju ke ke babak perempat final Piala Italia seusai menekuk Genoa dengan skor 1-0 pada babak 16 besar di Stadion Olimpico, Roma, Rabu dini hari WIB.
 
Kemenangan Lazio pada pertandingan ini hadir berkat gol semata wayang yang dicetak oleh Matteo Guendouzi pada awal babak pertama, demikian catatan Piala Italia.
 
Selanjutnya pada babak perempat final Piala Italia, Lazio akan menghadapi pemenang laga antara AS Roma atau Cremonese yang baru dimainkan Januari mendatang.
 
Secara statistik Lazio mendominasi jalannya pertandingan dengan menorehkan 55 persen penguasaan bola serta melepaskan total 11 tendangan yang lima di antaranya tepat sasaran.
 
Skuad asuhan Maurizio Sarri langsung mengambil inisiatif menyerang pada pertandjngan dan sukses mencuri keunggulan ketika laga baru berjalan lima menit.
 
Berawal dari pergerakan Luca Pellegrini yang mengirimkan umpan ke kotak penalti, bola dapat disambut tendangan Guendouzi yang menghujam pojok bawah gawang Genoa sehingga skor berubah menjadi 1-0.
 
Selanjutnya giliran Genoa yang memberikan ancaman lewat tendangan Mateo Retegui setelah berhasil mencuri bola dari Mario Gila, namun bola tepat mengarah ke kiper Lazio Ivan Provedel.
 
Jual beli serangan terus terjadi, kali ini Guendouzi memberikan umpan kepada Pedro di tiang belakang, namun tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pemain veteran itu sehingga bola mengarah ke pelukan kiper Genoa Nicola Leali.
 
Kurangnya komunikasi menjadi masalah bagi Lazio setelah pada babak kedua dimulai, Pedro mengarahkan bola ke tiang belakang, namun yang terjadi adalah benturan keras antara Felipe Anderson dan Taty Castellanos yang berusaha menyambut bola.
 
Genoa kembali mendapatkan untuk menyamakan kedudukan lewat tendangan Retegui, namun Gila berusaha keras untuk melakukan blok penting yang mengamankan gawang Lazio.
 
Lazio tetap berupaya menambah keunggulan, salah satunya lewat umpan silang Pellegrini yang dapat disambut sundulan bebas Felipe Anderson yang masih melebar, selanjutnya ada upaya penyerang Ciro Immobile setelah memutar dan melewati bek Genoa, akan tetapi dapat diamankan kiper Nicola Leali.
 
Pada sisa waktu pertandingan, kedua tim tetap bermain terbuka dan saling memberikan ancaman, namun hingga peluit panjang dibunyikan skor 1-0 untuk kemenangan Lazio tetap bertahan.

Baca juga: Hasil undian Euro 2024, Spanyol, Kroasia dan Italia gabung di grup B
Baca juga: Politano dan Mancini dipastikan absen saat Italia hadapi Ukraina

 

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023