Jakarta (ANTARA) -
Hari kedelapan kampanye, Selasa (5/12), Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 dimanfaatkan para pasangan calon untuk berkampanye di wilayah Indonesia Barat dan Tengah.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar kembali terpisah di dua pulau. Anies di Kalimantan Selatan, sementara Muhaimin di Aceh.

Kemudian, untuk calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memilih bekerja sebagai Menteri Pertahanan. Calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka juga bekerja sebagai Wali Kota di Surakarta.

Sementara itu, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terpisah di dua pulau, yakni Ganjar ke Kalimantan Timur, sedangkan Mahfud di Jakarta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan pemungutan suara dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada hari kedelapan kampanye.

Anies-Muhaimin

Anies melanjutkan kampanye, Selasa, dengan mengunjungi Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), setelah pada hari sebelumnya berkunjung di daerah Jawa Barat.

Di kota itu Anies bertemu ribuan sukarelawan, pemuda, dan mahasiswa untuk bertukar pikiran.

Dalam pertemuan tersebut, mantan rektor Universitas Paramadina itu berjanji terkait beberapa hal mulai hak antara pekerja dan pengusaha akan disetarakan, peningkatan investasi pada sektor perindustrian padat karya guna menekan angka pengangguran, hingga menyebut pemuda sebagai generasi bangsa yang harus melek berdialog tentang politik khususnya menjelang Pemilu 2024.

Selain itu, dia juga berjanji menurunkan harga kebutuhan bahan pokok seperti beras, mengatasi permasalahan banjir bandang musiman di Kalsel, membangun ekonomi hijau, dan menambah kuota haji di Indonesia.
 
Dia juga berjanji akan membangun Wasaka Internasional Stadium untuk klub Liga 1 Indonesia dari Kalsel PS Barito Putera yang diambil dari semboyan “Waja Sampai Kaputing", serta membangun jalur kereta api yang menghubungkan Banjarmasin hingga Banjarbaru.
 
Di tempat terpisah, Muhaimin Iskandar mengunjungi Makam Ulama Kharismatik Aceh Syeikh Abdurrauf Bin Ali Al-Fansury di Banda Aceh. Di sela kegiatan tersebut, pria yang kerap disapa Cak Imin itu mengatakan dana otonomi khusus (otsus) Aceh yang akan berakhir pada tahun 2027 akan diperpanjang sampai hari kiamat apabila menang Pilpres 2024.

Setelah dari kunjungan tersebut, Cak Imin melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ihsan Abu Krueng Kalee, Aceh Besar dan Ponpes Darul Munawwaroh, Pidie Jaya untuk menyampaikan gagasan perubahan yang dijanjikan, serta menawarkan ide pengembangan pesantren dan santri pada masa depan.

Kemudian, rombongan Muhaimin melanjutkan perjalanan ke Stadion Bola Kaki Krueng Mane, Aceh Utara untuk bertemu sukarelawan dan masyarakat. Di tempat itu, Muhaimin kembali menyampaikan tentang dana otonomi khusus (otsus) Aceh, dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Prabowo-Gibran

Pada hari kedelapan kampanye, Calon Presiden 2024 Prabowo Subianto memilih untuk bertugas di Jakarta sebagai menteri pertahanan.

Saat bertugas, mantan Danjen Kopassus itu sempat menerima kunjungan mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal TNI (Purn) A.M Hendropriyono di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Sementara itu, Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka berada di Solo dan melanjutkan tugasnya sebagai wali kota.

Ganjar-Mahfud

Mengawali kunjungan ke Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Ganjar berkunjung ke Pasar Baru, Klandasan Ilir untuk berdialog dengan sejumlah pedagang.

Dia meminta pemerintah untuk mengendalikan harga bahan pokok yang selalu naik menjelang hari raya Natal dan tahun baru, memberikan perhatian khusus untuk pedagang kedelai dan perajin tahu tempe.

Setelah berdialog, kader PDI Perjuangan itu sempat sarapan bersama warga di sekitar pasar.

Menjelang siang hari, Ganjar bersama rombongan bertemu dengan tim pemenangan daerah (TPD), konsolidasi dengan calon anggota legislatif dari partai koalisi, dan relawan di Balikpapan, serta salat zuhur di Masjid Agung At-Taqwa.

Di tempat itu, mantan Gubernur Jawa Tengah tersebut menegaskan komitmennya untuk mengurangi industri ekstraktif agar tidak merusak lingkungan di wilayah Kaltim dan mengusulkan isu perubahan iklim dimasukkan ke dalam kurikulum pendidikan.

Saat makan siang, dia mengunjungi Warung Makan Jogja yang ada di kota itu. Kemudian, rombongan bergerak menuju Rumah Pelatihan Dewan Pengurus Cabang Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia.

Di tempat tersebut, dia berjanji untuk memberi kemudahan akses pendidikan untuk seluruh penyandang disabilitas di Indonesia.

Di kota yang sama, Ganjar melanjutkan perjalanan untuk berkunjung ke Ponpes Syaichona Cholil dan menyampaikan tentang perlu adanya kolaborasi bersama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara guna membangun sumber daya manusia (SDM) yang produktif.

Ia menyampaikan akan menyambangi IKN selama berada di Kalimantan Timur.

Pada malam hari, rombongan kembali ke Balikpapan untuk bertemu dengan tokoh masyarakat adat dayak dan lintas agama. Agenda ditutup dengan duduk bareng milenial, gen Z dan influencer lokal di salah satu kafe.

Sementara itu, calon wakil presiden Mahfud MD dari pagi hingga petang memilih untuk bertugas di Jakarta sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Pada malam hari, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu bersilaturahmi dengan pimpinan pondok pesantren, madrasah, dan dewan kemakmuran masjid (DKM) se-Jabotabek.

Setelahnya dia 'ngaji' bareng sejumlah tokoh di Posko Teuku Umar.

Baca juga: Anies janji hak pekerja dan pengusaha setara jika menang pilpres
Baca juga: Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran klarifikasi soal “asam sulfat”
Baca juga: Ganjar: Membangun Indonesia dengan meninggalkan budaya salah besar

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023