Waspadai potensi cuaca ekstrem, hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang akan mengganggu aktivitas pada 6 sampai 8 Desember 2023
Yogyakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mewaspadai potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang selama tiga hari ke depan.

"Waspadai potensi cuaca ekstrem, hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang akan mengganggu aktivitas pada 6 sampai 8 Desember 2023," kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Warjono, potensi cuaca ekstrem di DIY dipicu antara lain oleh akibat dampak tekanan rendah di India bagian timur dan sirkulasi Eddy di Kalimantan bagian utara yang membentuk shearline atau daerah belokan angin di Laut Jawa bagian utara.

"Pola angin timuran yang masih dominan membuat angin di atas wilayah Jawa, khususnya DIY, bertiup dari arah timur-tenggara dengan kecepatan berkisar 25-35 kilometer per jam," ujarnya. 

Selain itu posisi Madden Julian Oscillation (MJO) yang berada di wilayah Indonesia berperan membentuk awan hujan di Indonesia, ditambah munculnya gelombang Rossby ekuator di Jawa bagian selatan.

Baca juga: BMKG: Monsoon Australia akibatkan suhu dingin di DIY

Warjono menuturkan kelembaban udara yang cukup tinggi mencapai 75 sampai 90 persen menyebabkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah DIY lebih dominan terjadi pada siang-sore hari.

Berdasarkan kondisi cuaca tersebut, dia menyebutkan pada 6 Desember 2023 hujan disertai petir berpotensi di Kabupaten Sleman, Kulon Progo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara. Sedangkan hujan ringan-sedang berpotensi di Kota Yogya, Bantul bagian Utara dan Tengah, Gunungkidul bagian Tengah, serta Kulon Progo bagian Tengah.

Berikutnya pada 7 Desember 2023, hujan disertai petir berpotensi terjadi di Sleman, Kulon Progo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara, sedangkan hujan ringan-sedang di Kota Yogya, Bantul, Gunungkidul bagian Tengah, dan Kulon Progo bagian Tengah.

Sedangkan pada 8 Desember 2023, hujan disertai petir di Sleman bagian Utara, Kulon Progo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara, adapun hujan ringan di Kota Yogya, Bantul bagian Utara, Gunungkidul bagian Tengah, dan Kulon Progo bagian Tengah.

Baca juga: BMKG imbau masyarakat waspadai gelombang tinggi di perairan DIY
 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023