Beijing (ANTARA/Xinhua-AsiaNet)- Pada tanggal 18 November, Forum Internasional Ilmu Hayat 2023 diresmikan di Changping, Beijing, dengan tema "Menghidupkan Ilmu untuk Masa Depan." Forum ini diselenggarakan bersama oleh Komisi Sains dan Teknologi Kota Beijing, Komisi Administratif Taman Sains Zhongguancun, Asosiasi Sains dan Teknologi Kota Beijing, Administrasi Makanan dan Obat Kota Beijing, dan Pemerintah Distrik Changping. Forum tahun ini bertujuan membentuk ekosistem inovasi yang terbuka, global, berorientasi pasar, dan dinamis, membantu membangun Taman Ilmu Hayat Zhongguancun menjadi "Lembah Ilmu Hayat" terkemuka di dunia dan menjadi pusat terkenal dunia untuk industri farmasi dan kesehatan, serta mempromosikan pengembangan berkualitas tinggi industri farmasi dan kesehatan Beijing, menurut Pusat Media Terpadu Distrik Changping.

Forum ilmu hayat tanpa akhir, secara online dan offline

Forum tahun ini mengadopsi model "1+4+2+N" untuk menyajikan forum ilmu hayat tanpa akhir yang kegiatan-kegiatannya diselenggarakan secara online dan offline, dengan acara offline disiarkan secara langsung.

Secara khusus, angka "1" dalam model ini merujuk pada forum utama yang berfungsi sebagai pembukaan sekaligus. Ilmuwan dan ahli terkenal dari dalam dan luar negeri, perwakilan institusi medis, lembaga investasi, asosiasi industri dan kamar dagang, serta perusahaan farmasi dalam dan luar negeri diundang untuk mendiskusikan peluang pengembangan dan kerja sama di sekitar garis depan ilmu hayat dan industri farmasi dan kesehatan.

Angka "4" merujuk pada empat sesi panel berbeda: Seminar Inovasi dan Pengembangan Alat Medis, Forum Internasional tentang Pengembangan dan Aplikasi Kecerdasan Buatan dan Robot Medis untuk Peralatan Medis, Forum Penelitian dan Pengembangan Obat & Forum Pengembangan Taman Ilmu Hayat Zhongguancun, dan Forum Changping tentang Investasi Keuangan dan Inovasi Farmasi dan Kesehatan. Mereka mencakup seluruh siklus hidup industri farmasi dan kesehatan dari riset dan pengembangan, inovasi hingga industrialisasi, dan bertujuan untuk memberikan gala di mana pelaku bisnis dapat bertukar ide dan mengumpulkan kebijaksanaan.

Angka "2" merujuk pada konferensi pers dan pameran berdasarkan tema. Konferensi pers diadakan di ruang konferensi pers pemerintah kota pada 9 November, memperkenalkan fakta dasar forum, pengembangan industri farmasi dan kesehatan di Changping dan Beijing lebih luas, bagaimana distrik dan kota mempromosikan pengembangan industri terkait dengan memanfaatkan sepenuhnya kekuatan organisasi dan sumber daya manusianya, serta pengembangan dan inovasi berkualitas tinggi dari perangkat medis di Beijing. Pameran berdasarkan tema akan diadakan selama periode kegiatan kelompok, dengan fokus pada produk biomedis, kecerdasan buatan, dan robot medis.

Angka "N" merujuk pada beberapa kegiatan pendukung. Forum tahun ini akan mencakup beberapa kegiatan yang diadakan oleh asosiasi dan perusahaan industri farmasi dan kesehatan, untuk memperkuat suaranya dan terus memperluas pengaruhnya. Mulai dari Juli, lima kegiatan pendukung telah diadakan: Forum Sains Gobroad, Forum Inovasi dan Pengembangan Biobank Klinis 2023, Konferensi R&D dan Inovasi Obat DIA China 2023, Forum Pengembangan Bakat Biomedis "Lembah Ilmu Hayat" 2023 yang Pertama, Forum Pengembangan Integrasi dan Inovasi Kedokteran, Teknik, dan Keuangan, dan Beijing Brain Conference 2023 (Musim Pertukaran Akademik Internasional) yang dijadwalkan pada Desember mendatang. Forum-forum berjudul ini diharapkan dapat membantu meningkatkan ekosistem inovasi dan tingkat pengembangan, serta membangun Taman Ilmu Hayat Zhongguancun menjadi model taman ilmu dunia terkemuka.

Gala kerja sama dan pertukaran untuk pengembangan bersama dengan empat sorotan

Forum tahun ini memiliki arti yang besar. Ini akan melayani implementasi strategi nasional yang relevan dan pengembangan ibu kota di era baru, dan mendorong pengembangan berkualitas tinggi industri farmasi dan kesehatan kota. Selain itu, forum ini memainkan peran utama dalam upaya Changping untuk membangun merek "Lembah Ilmu Hayat," meningkatkan ekosistem inovasi farmasi dan kesehatan, dan menciptakan lingkungan bisnis kelas satu. Secara keseluruhan, forum ini memiliki empat sorotan berikut:

Pertama, fokus pada garis depan sains dan teknologi. Bertujuan pada tren yang berkembang pesat dalam transformasi paradigma inovasi teknologi global, forum ini berfokus pada dua pendorong utama: bioteknologi dan teknologi digital, dengan forum utama dan forum berbagai tema yang membahas isu-isu dari berbagai perspektif. Hampir 100 tokoh industri berat seperti Xie Xiaoliang, Shi Hengning, Wang Lai, dan Qiao Jie diundang untuk memberikan pidato kunci, pidato berdasarkan tema, dan melakukan dialog meja bundar, untuk berbagi wawasan mereka yang mendalam dan ide-ide berpandangan ke depan guna mempromosikan pengembangan industri farmasi dan kesehatan di bawah pola pengembangan baru.

Kedua, mempromosikan implementasi proyek industri. Di forum ini, Changping memperkenalkan sejumlah proyek industri besar, terutama proyek R&D perusahaan farmasi multinasional dan komersialisasi pencapaian penelitian asli, dan menandatangani 12 proyek industri besar termasuk Proyek Pengobatan Tradisional Tiongkok Tong Ren Tang, proyek Grup Springer Nature, proyek kantor pusat R&D dan produksi Daqing Medical Device, proyek Pusat Komersialisasi Teknologi Perbatasan Ilmu Hayat Lembah Ilmu Hayat, proyek uBriGene, dan proyek Estun. Distrik ini telah menandatangani kontrak dengan beberapa perusahaan teratas China 500, rumah penerbitan akademis terkenal di dunia, dan pemimpin industri lainnya. Pada saat yang sama, forum tahun ini akan mengorganisir pameran dan tayangan teknologi bioteknologi terbaru, perangkat medis high-end, dan produk kecantikan dan kesehatan, untuk sepenuhnya mempromosikan faktor inovasi yang kaya, pengembangan berkualitas tinggi, dan lingkungan bisnis kelas satu di Beijing. Kegiatan promosi investasi yang ditargetkan akan diluncurkan untuk mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan para pemangku kepentingan, memperluas "lingkaran pertemanan" industri farmasi dan kesehatan Beijing, dan membantu lebih banyak proyek utama dan pencapaian mendarat dan dikomersialisasikan di Beijing.

Ketiga, membentuk ekosistem inovasi. Forum ini akan mengumpulkan pejabat pemerintah, regulator, perwakilan akademisi, pelaku usaha, lembaga medis, dan lembaga investasi untuk mendiskusikan topik-topik yang menjadi perhatian bersama, seperti terobosan teknologi, R&D obat dan perangkat, translasi klinis, pemberdayaan keuangan, dan ilmu regulasi, guna lebih mempromosikan integrasi mendalam dan kolaborasi inovatif antara pemerintah, industri, akademisi, lembaga penelitian, lembaga medis, dan perantara keuangan, serta menciptakan ekosistem inovasi yang lebih dinamis dan kuat.

Keempat, meningkatkan pengaruh global. Forum ini secara khusus mengundang Dr. Michael Levitt, Pemenang Hadiah Nobel Kimia, dan akademisi serta ahli Eropa dan Amerika lainnya. Para peserta pameran termasuk beberapa dari Fortune Global 500, dan sejumlah besar perusahaan inovatif berbasis di Beijing dengan kehadiran global, termasuk BeiGene, InnoCare, Wantai BioPharm, dan Pins Medical. Semua ini bertujuan untuk menyajikan acara farmasi dan kesehatan yang memenuhi standar internasional dan memiliki pengaruh global.

Membangun "Lembah Ilmu Hayat" terkemuka di dunia dengan bisnis yang berkembang pesat

Sektor farmasi dan kesehatan adalah sektor strategis yang paling inovatif di seluruh dunia, dan secara langsung berkaitan dengan kehidupan dan kesehatan manusia. Ini juga salah satu dari "dua mesin" untuk mendorong inovasi dan pengembangan di Beijing. Distrik Changping memberikan perhatian besar pada pengembangan farmasi dan kesehatan, menjadikannya sektor dominan, dan berkomitmen untuk membangun klaster industri farmasi dan kesehatan senilai 100 miliar yuan. Pengembangan farmasi dan kesehatan Changping juga mendapatkan dukungan besar dari pemerintah kota yang telah mengeluarkan dua versi Rencana Aksi Beijing untuk Mempercepat Kolaborasi Inovasi Farmasi dan Kesehatan, dengan jelas mengusulkan untuk membangun Changping menjadi "Lembah Ilmu Hayat" terkemuka di dunia.

Changping, tempat diadakannya forum ini, dengan dukungan besar dari pemerintah kota dan distrik, telah melihat sektor farmasi dan kesehatan yang berkembang pesat. Pada 2022, sektornya mencatat skala mendekati 80 miliar yuan, dan Changping mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Industri dan Informatika sebagai klaster industri khusus dari usaha kecil dan menengah serta basis inovasi dan kewirausahaan di luar negeri yang bersertifikat oleh Asosiasi Sains dan Teknologi Tiongkok.

Setelah bertahun-tahun berusaha, Changping kini memiliki sumber daya yang kaya di seluruh rantai pasokan farmasi dan kesehatan, dan semua faktor yang dibutuhkan untuk produksi, pendidikan, dan penelitian. Sektor farmasi dan kesehatannya telah memasuki periode pertumbuhan inovasi dan pencapaian yang meledak, dan perusahaan farmasi dan kesehatan telah menerima perhatian yang luas dari pasar modal.

Dari segi sumber inovasi, dengan Taman Ilmu Hayat Zhongguancun sebagai inti, Changping mengumpulkan lebih dari 10 lembaga R&D tingkat tinggi seperti Laboratorium Changping, Institut Ilmu Biologis Nasional Beijing, Institut Riset Otak Tiongkok, Beijing, dan Pusat Nasional untuk Ilmu Protein Beijing. Ini telah menarik banyak ilmuwan strategis seperti Wang Xiaodong, Xie Xiaoliang, dan Shao Feng serta lebih dari 300 spesialis tingkat tinggi. Lebih dari 40 universitas bergengsi termasuk Universitas Peking, Universitas Tsinghua, Universitas Beihang, Universitas Pos dan Komunikasi Beijing, Universitas Beihua, dan Universitas Pertambangan dan Teknologi Tiongkok telah membuka kampus dan laboratorium di distrik ini.

Dalam hal outsourcing layanan terkait R&D obat dan perangkat medis, Changping memiliki ekosistem layanan lengkap untuk industri farmasi dan perangkat medis. Untuk memenuhi kebutuhan komersialisasi, Changping secara sistematis membangun 34 platform teknologi generik kunci untuk penemuan obat, hewan percobaan, dan CMO/CDMO, serta membangun sistem layanan yang mencakup seluruh rantai industri mulai dari inkubasi, R&D, hingga uji dan komersialisasi pilot, terus menghaluskan transisi dari R&D dan inovasi ke industrialisasi.

Dalam hal layanan tinjauan dan persetujuan administratif, Taman Ilmu Hayat Zhongguancun meluncurkan stasiun layanan inovasi untuk perangkat medis dan farmasi pertama di Beijing pada April 2023 untuk menyediakan layanan yang ditargetkan untuk perusahaan, termasuk proses persetujuan administratif. Layanan publik lainnya mencakup Changsheng Posthouse, ruang kegiatan untuk bakat internasional, aula layanan bagi orang asing, dan platform pendaftaran klaster perdagangan bebas. Taman ini berusaha menyediakan semua layanan administratif yang dibutuhkan perusahaan.

Sehubungan dengan jumlah perusahaan farmasi dan perangkat medis, Changping memiliki lebih dari 900 perusahaan farmasi dan kesehatan, termasuk 269 perusahaan tinggi teknologi yang bersertifikat negara, 133 SME khusus dan canggih, 19 unicorn dan perusahaan yang berpotensi menjadi unicorn, dan 18 perusahaan terdaftar (termasuk yang terdaftar di AS dan Hong Kong). Selain itu, perusahaan berpotensi tinggi pada tahap awal yang didirikan oleh institut penelitian ilmiah terus bermunculan. Changping, memanfaatkan keunggulan uniknya dalam mengelompokkan faktor-faktor high-end, telah menginkubasi 80 perusahaan yang didirikan oleh ilmuwan terkenal, termasuk Pyrotech Therapeutic yang didirikan oleh Akademisi Shao Feng, Huahui Health oleh Prof. Li Wenhui, BeiCell Therapeutics oleh Prof. Deng Hongkui, dan Jianda Jiuzhou oleh Prof. Luo Minmin.

Changping telah memanfaatkan peluang yang diciptakan oleh upaya Beijing untuk mengembangkan "Dua Zona" (Zona Demonstrasi Nasional Terpadu untuk Membuka Sektor Jasa dan Zona Uji Coba Perdagangan Bebas China (Beijing)). Mengingat karakteristik pengembangan industri farmasi dan kesehatan, Changping memperkenalkan kebijakan pengembangan farmasi dan kesehatan pertama kota, yaitu, Langkah Sementara untuk Klaster Changping untuk Mendukung Pengembangan Industri Farmasi dan Kesehatan di Area Inovasi Sains dan Teknologi Zona Uji Coba Perdagangan Bebas China (Beijing), dan menguangkan 83,73 juta yuan tahun lalu. Berdasarkan kebijakan tahun 2021, Changping meluncurkan versi 2.0-nya untuk mendorong pengembangan industri farmasi dan kesehatan. Versi yang ditingkatkan 2.0 ini mencerminkan tren pengembangan industri dan keunggulan unik Changping, berfokus pada dua pendorong inti bioteknologi dan teknologi digital, dan terutama mendukung percepatan komersialisasi inovasi, pengenalan dan implementasi proyek inovatif, penguatan dan peningkatan perusahaan inovatif, dan optimasi dan peningkatan ekosistem industri.

Di masa depan, Changping akan terus mengikuti garis depan inovasi teknologi di bidang farmasi dan kesehatan, dan terus meningkatkan ekosistem inovasi dan tingkat pengembangan. Memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh forum ini, fokusnya akan terarah pada pembangunan klaster industri farmasi dan kesehatan senilai setidaknya 100 miliar yuan, terus memperluas kedalaman dan lebar ruang industri dari Koridor Inovasi "Lembah Ilmu Hayat", dan meningkatkan kebijakan industri, ekosistem inovasi, dan fasilitas pelayanan, berusaha untuk menetapkan model Beijing untuk pengembangan industri farmasi dan kesehatan dengan pengaruh global. Pada saat yang sama, Changping akan memastikan para investor, perusahaan, dan karyawan mereka mendapatkan lingkungan, layanan, dan kebijakan terbaik, sehingga mereka dapat berinvestasi, bekerja, dan tinggal di distrik dengan percaya diri dan nyaman untuk menciptakan masa depan bersama. Saya dengan tulus berharap bahwa forum ini akan menarik lebih banyak pengusaha ke Changping, untuk memulai bisnis, mengejar impian mereka, dan menciptakan situasi saling menguntungkan bersama kami.



Sumber: Pusat Media Terpadu Distrik Changping

Pranala Gambar Terlampir:
Keterangan: Forum Internasional Ilmu Hayat 2023 diselenggarakan di Changping, Beijing.



Lampiran Gambar:

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023