Jakarta (ANTARA) -
Juru Bicara Tim Nasional (Timnas) pemenangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), Indra Charismiadji, mengungkapkan bahwa spanduk dukungan yang terbuat dari karung bekas adalah bentuk dukungan murni sukarelawan.

Menurut dia, alat peraga kampanye (APK) spanduk karung yang dipasang di sejumlah titik di beberapa kabupaten/kota tersebut, merupakan kesadaran bersama masyarakat ingin melakukan perubahan terhadap kondisi Indonesia saat ini.

Baca juga: Anies kenalkan program Pasar AMIN untuk atasi mahalnya bahan pangan

"Itu bukan gimik, dan kami tidak pernah main gimik," kata dia, saat menyampaikan keterangan pers di Sekretariat Rumah Perubahan AMIN di Jalan Brawijaya X Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu.

Ia mengakui Timnas AMIN memang kurang dari sisi pendanaan atau logistik untuk memenangkan pasangan calon yang didukung. Namun karena tingginya semangat dari para sukarelawan, ide-ide kreatif mulai muncul demi menyampaikan aspirasi yang menginginkan perubahan.

Baca juga: Hari ke-9 kampanye, Anies akan ke Bengkulu dan Muhaimin tetap di Aceh

"Seperti diketahui, Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara pasangan AMIN merupakan yang paling miskin, jadi kami memang bukan kubu yang bergelimang logistik," kata Indra.

Lebih lanjut, dia menjelaskan jaringan sukarelawan seperti Gerakan Rakyat merupakan salah satu contoh dari kesadaran kolektif untuk perubahan.

Jaringan sukarelawan yang terdiri dari sejumlah elemen masyarakat seperti buruh, petani, mantan aktivis dari berbagai organisasi Cipayung, diyakini menjadi kekuatan utama di tengah keterbatasan logistik sukarelawan AMIN, ungkap dia.

Baca juga: Timnas AMIN: Debat gunakan bahasa Inggris justru menguntungkan

Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN: Anies rencanakan berkunjung ke daerah 3T

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023