Jakarta (ANTARA) -
Sukarelawan Gerakan Rakyat mulai bergerilya untuk memenangkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Indonesia bagian Timur dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.

Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat, Sahrin Hamid, mengatakan, saat ini tim di wilayah Timur sudah solid untuk memenangkan pasangan calon itu.

"Konsolidasi sampai tingkat kabupaten kota justru sudah dilakukan dua kali di sejumlah wilayah seperti Sulawesi dan Papua," kata dia, saat menyampaikan keterangan pers di Sekretariat Rumah Perubahan AMIN di Jalan Brawijaya X Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Timnas AMIN: Spanduk karung bekas bentuk dukungan murni sukarelawan

Ia mengatakan, pemasangan spanduk dan baliho dukungan yang berasal dari bantuan sukarela masyarakat sudah mulai dipasang di sejumlah titik yang ada di setiap kota/kabupaten.

Lebih lanjut dia menjelaskan kantong utama suara AMIN memang paling banyak ada di pulau Jawa seperti di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Namun wilayah Barat dan Timur juga terus dikonsolidasikan oleh seluruh relawan untuk dimenangkan.

Baca juga: Anies kenalkan program Pasar AMIN untuk atasi mahalnya bahan pangan

"Sukarelawan harus menyambungkan atau menjembatani setiap warga negara yang ingin perubahan, sehingga bisa memenangkan AMIN," kata dia.

Ia menambahkan, sebanyak 580 simpul sukarelawan secara nasional sudah terbentuk dan akan disebarkan hingga ke tingkat desa/kelurahan untuk memenangkan paslon itu. Dari 83.000 lebih jumlah desa/kelurahan di seluruh wilayah Indonesia, pihaknya mengklaim telah menyiapkan sedikitnya 10 orang di 820 ribu lebih tempat pemungutan suara untuk mengampanyekan pasangan AMIN kepada masyarakat.

Baca juga: Hari ke-9 kampanye, Anies akan ke Bengkulu dan Muhaimin tetap di Aceh

Dukungan dari sejumlah elemen yang tergabung dalam Gerakan Rakyat seperti dari buruh, petani, mantan aktivis dari berbagai organisasi Cipayung, diyakini menjadi kekuatan utama di tengah keterbatasan logistik sukarelawan AMIN.

Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Baca juga: Timnas AMIN: Anies rencanakan berkunjung ke daerah 3T

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023