Madrid (ANTARA News) - Polisi Spanyol menyatakan telah menangkap seorang warga Inggris yang dianggap sebagai salah seorang dari 10 penjahat paling dicari di Eropa.  Penangkapan ini sekaligus memutus rantai peredaran narkoba transatlantik.

Polisi mengungkapkan Brian Charrington diciduk bersama puteranya di sebuah tempat peristirahatan di Alicante, Mediterania, sedangkan kekasihnya yang tak disebutkan namanya dibekuk di Venezuela selagi mengatur pengapalan kokain ke Eropa.

13 orang telah ditangkap di dua negara karena dituduh menyelundupkan narkotika ke Spanyol untuk diperdagangkan ke seluruh Eropa.

"Salah seorang yang ditangkap adalah Brian Colin Charrington, penjahat kambuhan Inggris yang merupakan salah seorang dari 10 penjahat paling dicari oleh polisi Eropa," kata kepolisian Spanyol.    

Mantan dealer mobil dari Middlesbrough di Inggris utara ini hidup mewah di Spanyol. Bersama puteranya dia memiliki sepuluh rumah, beberapa mobil supermewah dan enam kapal di Marina Alta, Alicante.

Polisi juga telah menyita 220 kg kokain dari satu apartemen dan memblokir sejumlah nomor rekening, properti dan barang-barang yang keseluruhannya bernilai 5 juta euro (Rp65,5 miliar).

Spanyol menggelar investigasi selama tiga tahun bersama polisi Venezuela, Kolombia, Argentina dan Inggris di bawah dukungan AMERIPOL, organisasi polisi gabungan AS dan 10 negara Amerika Latin serta Karibia.

Menteri Kehakiman Venezuela Miguel Rodriguez Torres mengatakan geng Charrington diyakini telah menyelundukan 25 ton kokain ke Eropa dari Amerika Selatan dalam satu dekade terakhir.

"Kami akan terus menyelidiki dan mengidentifikasi asset-asset orang-orang ini yang diparkir di berbagai tempat di Venezuela," kata Torres.

Spanyol menjadi destinasi populer untuk sejumlah buronan Inggris yang sampai 1985 memanfaatkan tiadanya perjanjian ekstradisi antara Inggris dan Spanyol, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013