Banda Aceh (ANTARA) - Tim pengawasan operasi Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri melakukan kunjungan kerja ke Polda Aceh untuk mengawasi pelaksanaan Operasi Mantan Brata Seulawah dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Kepala Humas Satuan Tugas Operasi Mantap Brata Seulawah Polda Aceh Kombes Pol Joko Krisdiyanto di Banda Aceh, Rabu, mengatakan, selain Polda Aceh, tim tersebut juga akan mengawasi pelaksanaan operasi tersebut di Polres jajaran.

"Kedatangan tim Itwasum Polri ini mengawasi pelaksanaan Operasi Mantap Brata Seulawah di Polda Aceh dan jajaran. Pengawasan ini untuk memastikan pelaksanaan operasi berjalan sesuai yang direncanakan," kata Joko.

Sebelumnya, Kepala Satuan Tugas Operasi Daerah Operasi Mantap Brata Seulawah Polda Aceh Kombes Pol Misbahul Munauwar menyatakan Polda Aceh dan Polres jajaran siap mengamankan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

"Personel Polri di Polda Aceh dan Polres jajaran yang terlibat Operasi Mantap Brata Seulawah siap melaksanakan pengamanan tahapan Pemilu 2024. Dan kini, tahapan pesta demokrasi itu sudah memasuki masa kampanye," katanya.

Menurut Misbahul yang juga Direktur Samapta Polda Aceh, pengamanan tahapan kampanye Pemilu 2024 merupakan kewajiban Polri, sehingga setiap anggota Polri, baik diminta maupun tidak, harus siap mengamankannya.

"Oleh karena itu, kami mengingatkan seluruh personel yang terlibat operasi pengamanan pemilu tersebut untuk selalu menjaga fisik dan kesehatan, sehingga tugas negara tersebut bisa dilaksanakan dengan semaksimal mungkin," katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Operasi Polda Aceh Heri Heriyandi mengingatkan setiap personel kepolisian harus tetap menjaga netralitas pada Pemilu 2024. Tugas kepolisian pada pesta demokrasi tersebut adalah sebagai pengamanan agar kegiatan tersebut terselenggara dengan lancar dan aman.

"Polri netral pada Pemilu 2024. Oleh karena itu, setiap personel Polda Aceh harus tetap menjaga netralitas, dan setiap personel juga harus menjaga kesehatan dan kebugaran fisik dalam melaksanakan tugas pengamanan pemilu," kata Heri.

Pemilu 2024 terdiri pemilihan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI serta pemilihan anggota DPR provinsi dan DPR kabupaten/kota.

Pemungutan suara pemilu legislatif dijadwalkan 14 Februari 2024. Pemungutan pemilu legislatif tersebut digelar serentak dengan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI.
 

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023