Jakarta (ANTARA) -
Sukarelawan Gerakan Rakyat yang mendukung Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Anies Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN) selama 10 hari ke depan akan fokus memperkuat jaringan di Pulau Jawa.
 
Koordinator Presidium Nasional Gerakan Rakyat Sahrin Hamid, Rabu, mengatakan bahwa pihaknya berfokus memenangkan setiap tempat pemungutan suara (TPS), khususnya di Pulau Jawa.
 
Ia mengungkapkan bahwa kantong utama suara AMIN memang paling banyak ada di Pulau Jawa seperti di Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur, sehingga dalam 5 hari sampai 10 hari ke depan, jaringan sukarelawan ditargetkan terbentuk sampai tingkat desa/kelurahan.
 
"Semua konsentrasi harus sesuai dengan timeline (garis waktu) yang tepat, artinya bahwa yang paling terdekat adalah Pulau Jawa," kata Sahrin saat diwawancarai di Sekretariat Rumah Perubahan AMIN di Jalan Brawijaya X Nomor 46, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jakarta.
 
Sahrin menargetkan sedikitnya 10 sukarelawan dari Gerakan Rakyat akan ada di setiap titik TPS di pulau tersebut.
 
Setiap sukarelawan, kata dia, harus menyambungkan atau menjembatani setiap warga negara yang ingin perubahan sehingga bisa memenangkan AMIN dalam Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024.
 
Saat ini sebanyak 580 simpul sukarelawan yang ada di Indonesia bagian Barat, Tengah, dan Timur sudah mulai memasang alat peraga kampanye (APK) seperti spanduk dan baliho.
 
Ia mengeklaim dukungan dari sejumlah elemen yang tergabung dalam Gerakan Rakyat seperti dari buruh, petani, mantan aktivis dari berbagai organisasi Cipayung terus bertambah, dan diyakini menjadi kekuatan utama di tengah keterbatasan logistik.

Baca juga: Sekda Bali sampaikan langkah jaga netralitas ASN ke Komisi II DPR RI
Baca juga: KPU Belitung ajak generasi muda jadi petugas KPPS Pemilu 2024

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023