Banda Aceh (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi membangun jaringan internet gratis untuk masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Aceh Selatan Munharsam di Aceh Selatan, Rabu, mengatakan jaringan internet tersebut dibangun di 12 titik di Kabupaten Aceh Selatan.

"Titik-titik jaringan yang dibangun diprioritaskan di wilayah yang belum terjangkau akses internet. Tujuannya pembangunan jaringan ini untuk memeratakan akses internet masyarakat di Kabupaten Aceh Selatan," katanya.

Baca juga: Bangka Selatan sediakan jaringan internet gratis di pulau terluar

Munharsam mengatakan titik-titik pembangunan jaringan internet tersebut sudah ditetapkan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kemenkominfo. Pemerintah daerah mendukung pembangunan jaringan internet tersebut.

Saat ini, kata Munharsam, semua perangkat dan kebutuhan pembangunan jaringan internet tersebut sudah didistribusikan ke seluruh titik. Selanjutnya dipasang oleh pihak ketiga yang ditunjuk Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kemenkominfo.

Baca juga: Pemkab Badung telah sediakan 987 titik layanan internet gratis

"Untuk tahap awal, pemasangan alat dan perangkat beserta komponen pendukungnya. Selanjutnya, pengaktifan jaringan internet. Jika ini selesai, maka seluruh wilayah Kabupaten Aceh Selatan dapat menjangkau jaringan internet," kata Munharsam.

Ia mengatakan pembangunan jaringan internet tersebut merupakan komitmen pemerintah dalam mendukung pembangunan teknologi informasi ke wilayah yang selama ini belum terjangkau akses internet.

Baca juga: Pemkab Jayapura segera fasilitasi internet gratis di Kota Sentani

"Kami berharap dengan adanya jaringan internet tersebut dapat mempercepat pembangunan teknologi informasi di Kabupaten Aceh Selatan. Kami juga mengingatkan masyarakat agar menggunakan akses internet untuk hal positif dan edukatif," kata Munharsam.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023