Sampel pangan yang minta diuji di pojok uji keamanan pangan segar bisa langsung diketahui, apakah pangan itu mengandung formalin atau tidak
Tangerang (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Banten, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pojok uji keamanan pangan segar atau mini lab food security untuk memastikan pangan yang dibeli tidak mengandung formalin.

"Sampel pangan yang minta diuji di pojok uji keamanan pangan segar bisa langsung diketahui, apakah pangan itu mengandung formalin atau tidak," kata Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Muhdorun di Tangerang Rabu.

Ia mengatakan masyarakat setelah belanja di pasar dan ingin langsung menguji pangan yang dibeli mengandung formalin atau tidak maka bisa langsung mendatangi pojok uji keamanan pangan segar.

"Tidak diperlukan proses registrasi khusus terlebih dahulu, cukup langsung datang membawa sampel pangan yang akan diuji. Hasil dari pengujian ini juga bisa dilihat secara langsung saat itu juga,” katanya.

Muhdorun mengatakan pojok uji keamanan pangan segar merupakan layanan inovatif yang dihadirkan untuk memberikan jaminan kualitas pangan di Kota Tangerang.

Pojok uji keamanan pangan segar bisa diakses secara langsung di 21 titik lokasi yang telah ditentukan, meliputi pasar tradisional dan supermarket yang tersebar di penjuru Kota Tangerang.

"Jadi, masyarakat setelah selesai berbelanja di lokasi-lokasi yang tertera dapat memanfaatkan layanan ini dengan langsung mengunjungi pojok uji yang telah disediakan,” katanya.

Sementara itu sebaran pojok uji keamanan pangan segar Kota Tangerang di antaranya Pasar Anyar, Pasar Malabar, Pasar Ramadani, Pasar Laris Cibodas, Pasar Cibodas, Pasar Jatake, Pasar Poris Indah, Pasar Gerendeng, Pasar Bandeng, dan Pasar Bengkok.

Kemudian Pasar Baru Ciledug, Pasar Saraswati, Pasar Duta Garden, Pasar Kebon Besar Batuceper, Fresh Market Green Lake City, Sabar Subur Tangerang, Lion Superindo Gondrong, Lulu Hypermart Cibodas, GS The Fresh Supermarket Cipondoh, Modern Town Market, dan Modern Banjar Wijaya.

Baca juga: Pemkot Tangerang sajikan pojok uji keamanan pangan di 11 pasar
Baca juga: Petugas temukan mi dan kerupuk mengandung boraks di Tebet
Baca juga: Pastikan stok pangan, Pemkot Palembang tingkatkan sidak pasar
 

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023