Pembangunan infrastruktur keagamaan ini dapat meningkatkan upaya hidup rukun bersama untuk menciptakan lingkungan yang berbudaya, beradab
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebutkan pembangunan infrastruktur keagamaan seperti Gereja Kristus Raja Katedral Kupang menciptakan lingkungan yang berbudaya.

"Pembangunan infrastruktur keagamaan ini dapat meningkatkan upaya hidup rukun bersama untuk menciptakan lingkungan yang berbudaya, beradab dan menjunjung tinggi nilai moral," ujar Basuki di Jakarta, Rabu.

Kementerian PUPR telah menyelesaikan rekonstruksi Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang turut terdampak bencana Badai Seroja yang melanda Kota Kupang pada April 2021.

Gereja Kristus Raja Katedral Kupang memiliki luas lahan 4.266 m2 dengan luas bangunan utama gereja 2.066 m2, bangunan sekretariat Paroki 876 m2, menara 9 m2 dan rumah panel/genset 24 m2.

Renovasi Gereja Katolik Kristus Raja Katedral Kupang dilaksanakan sejak 2021 dengan dana APBN senilai Rp24 miliar. Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang berdiri sejak 1962 yang berawal dari rumah pastor.

Baca juga: Kementerian PUPR mulai renovasi Stadion H Dimurthala untuk PON 2024

Baca juga: Menteri PUPR: Hingga 2023 Kementerian PUPR menyelesaikan 99 proyek strategis


Dalam perjalanannya, setelah Keuskupan Agung Kupang terbentuk sebagai bentuk perluasan Keuskupan Attambua, rumah pastor tersebut dijadikan sebagai Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang.

Selama ini, bangunan gereja tersebut belum pernah direhabilitasi, kecuali pada tahun 1995 ada penambahan di bagian samping dengan pembangunan balkon.

Gereja Katedral menjadi bagian sejarah keberadaan Gereja Katolik di Kota Kupang sekaligus objek wisata religi di Kota Kupang yang berjarak sekitar 13 km dari Bandara Internasional El Tari Kupang atau dapat ditempuh sekitar 25 menit via jalur darat.

Peresmian Gereja Katedral Kupang secara seremonial dilakukan dengan penandatanganan prasasti oleh Presiden Joko Widodo didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Uskup Agung Kupang Petrus Turang, Rabu (6/12).

Dengan peresmian ini, Gereja Katedral Keuskupan Agung Kupang siap menyambut perayaan Natal para umat Katolik di Kupang tahun 2023 ini.

Baca juga: Menteri PUPR: Pembangunan Bendungan Mbay bermanfaat bagi petani di NTT

Baca juga: PUPR: Pembentukan global water funds dibahas di World Water Forum 2024

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023