Jakarta (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menerima penghargaan apresiasi dan penganugerahan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) pada tahun 2023.

"TNI terpilih sebagai instansi pemerintah dengan unit kerja terbanyak peraih zona integritas menuju WBK dan WBBM. Hal tersebut merupakan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023," kata Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Bambang Ismawan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Apresiasi dan penganugerahan itu diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Penghargaan diberikan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin kepada Letjen TNI Bambang Ismawan mewakili Panglima TNI di Nusa Dua Convention Center, Bali, Rabu.

Selain itu, terdapat sepuluh satuan kerja TNI yang menerima penghargaan atas prestasi sebagai unit kerja pelayanan berpredikat menuju WBK.

Dari TNI AD, yaitu Rumkit Tingkat II Pelamonia Kesdam XIV/Hassanudin, Pussenkav, Rindam XVI/Pattimura, Divif 2 Kostrad, Korem 044/Gapo Kodam II/Sriwijaya, Korem 073/Mkt Kodam IV/Diponegoro, Akademi Militer, dan Menarhanud 1/F Kodam Jaya/Jayakarta.

Sementara itu, dari TNI AL (Kolinlamil) dan TNI AU (RSAU dr. M. Salamun).

Menurut Bambang, penghargaan hasil evaluasi AKIP, RB, dan ZI itu adalah apresiasi kepada instansi pemerintah, yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Agenda itu, lanjut dia, dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat atas capaian RB pemerintah selama 2023. Hal ini sekaligus memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Penyerahan hasil evaluasi tersebut, kata dia, dalam rangkaian kegiatan RB Xperience.

Ia berharap hal itu mampu memberikan lesson learned dari kementerian/lembaga untuk mempercepat peningkatan kualitas tata kelola instansi pemerintahan.

Baca juga: 100 personel TNI siaga bantu warga terdampak banjir di Kapuas Hulu
Baca juga: TNI/Polri manfaatkan teknologi dalam operasi keamanan di Papua

Pewarta: Fauzi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023