Kami dari Itwasum Polri, melaksanakan tugas pengawasan Operasi Mantap Brata di Polda Sulut
Manado (ANTARA) - Tim Itwasum Polri melakukan kunjungan ke Polda Sulawesi Utara (Sulut) di Manado, Rabu, untuk memastikan Operasi Mantap Brata (OMB) pengamanan Pemilu serentak di wilayah hukum Polda Sulut, berjalan dengan baik.

Tim Itwasum Polri diketuai Kombes Pol Imam Thobroni pada kunjungan itu, diawali dengan apel pengecekan sekaligus memberikan arahan kepada personel yang ditugaskan dalam Operasi Mantap Brata, yang dilaksanakan di Lapangan Presisi Mapolda Sulut.

Ketua Tim Pengawasan Operasi Kombes Pol Imam Thobroni mengatakan tugas pengawasan terhadap pelaksanaan operasi kepolisian, termasuk Operasi Mantap Brata, wajib dilakukan.

Baca juga: Tim Mabes Polri awasi operasi pengamanan Pemilu 2024 di Aceh

"Kami dari Itwasum Polri, melaksanakan tugas pengawasan Operasi Mantap Brata di Polda Sulut, karena dalam setiap pelaksanaan operasi kepolisian itu harus dilakukan pengawasan. Untuk tingkat Polda, melaksanakan pengawasan kepada Polres jajaran, sedangkan Mabes Polri melakukan pengawasan kepada Polda jajaran " katanya usai memberikan arahan kepada personel.

Ia mengatakan pengawasan bertujuan untuk memastikan operasi berjalan dengan baik dan benar sesuai aturan.

"Kami ingin memastikan bahwa Operasi Mantap Brata berjalan dengan benar. Anggaran yang diberikan, kegiatan yang dilaksanakan harus disiapkan dan dilaporkan semua, sehingga tidak ada kesalahan prosedur," katanya.

Pada kesempatan ini, pihaknya kembali mengingatkan seluruh anggota Polri wajib menjunjung tinggi netralitas dalam pemilu.

Baca juga: Firli senyum pamit kepada wartawan usai diperiksa 11 jam

"Sesuai instruksi Kapolri melalui STR bahwa, anggota Polri harus netral dalam Pemilu. Kepolisian bertugas mengamankan seluruh rangkaian tahapan pemilu" kata Imam yang menjabat sebagai Irbidjemen SDN I Itwil V Itwasum Polri.

Selain itu, seluruh personel juga diminta mengedepankan pengamanan secara humanis, khususnya dalam pengamanan tahapan Pemilu.

"Kita ke depankan pengamanan secara humanis, juga cara-cara preemtif dan preventif, penegakan hukum itu yang terakhir," katanya.

Pihaknya pun meyakini Karoops Polda Sulut selalu Karendalops sudah mempersiapkan segala sesuatu terkait pelaksanaan Operasi Mantap Brata ini dengan sebaik mungkin

"Sehingga kita harapkan wilayah Sulawesi Utara tetap aman dan kondusif selama tahapan pemilu berlangsung. Kami juga mohon dukungan dari seluruh masyarakat, para tokoh dan seluruh pihak untuk bersinergi bersama-sama menjaga keamanan supaya kondusif," katanya.

Baca juga: Polri ungkap kronologis ancaman bom di Pesawat Pelita Air
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023