Jakarta (ANTARA) - Kampanye calon presiden dan calon wakil presiden Pemilu 2024 memasuki hari kesembilan pada Rabu (6/12).

Tiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden berikut tim sukses masing-masing memiliki strategi tersendiri untuk mendulang suara masyarakat nantinya saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimain Iskandar

Anies melanjutkan kampanye, Rabu (7/12), dengan mengunjungi Kota Bengkulu, Bengkulu, setelah pada hari sebelumnya berkunjunjung ke Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Di kota itu, Anies berkunjung ke Pasar Minggu, Kota Bengkulu, Bengkulu pada Rabu (6/12) pagi.

Dalam kunjungannya ia memperkenalkan Program Pasar AMIN kepada masyarakat. Program itu merupakan dari singkatan dari Alhamdulillah laris dagangannya, Modalnya gampang, Irit biayanya, dan Nyaman tokonya.

Anies menyatakan kini mahalnya bahan pangan pokok tidak membuat petani menerima uang lebih banyak. Keadaan itu ingin ia perbaiki bila nantinya terpilih menjadi presiden dalam Pemilu 2024.

Setelah mengunjungi Pasar Minggu, Anies melanjutkan mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno saat melakukan kegiatan kampanye di Kota Bengkulu.

Anies berkomitmen bila terpilih nanti, tempat-tempat bersejarah seperti itu akan dikembangkan dan dibuat menjadi lebih menarik supaya lebih banyak lagi anak muda yang berkesempatan untuk belajar di tempat-tempat ini.

Pada sore harinya, mantan Gubernur DKI Jakarta itu melanjutkan agenda kampanye ke Kampung Nelayan Pantai Kualu, Bengkulu.

Kepada para Nelayan, Anies menjanjikan pembangunan tempat pengolahan ikan kepada nelayan agar bisa menstabilkan dan menaik.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar melanjutkan kampanye dengan fokus berkegiatan di Kabupaten Bireun, Aceh.

Adapun kegiatannya yakni mengunjungi Pasar Induk Cureh, mengisi kuliah edukasi politik di Kampus IAI Almuslim Aceh, dan berziarah ke makam Habib Abdurrahman bin Alwi Al-Habsyi (Habib Bugak) di Kecamatan Jangka, Kabupaten Bireuen.

Pada malam hari, ketua umum PKB itu bertolak ke Jakarta untuk menghadiri Dialog Interaktif Cawapres Mencuri Hati Kawula Muda yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto memilih tidak mengambil cuti pada hari kesembilan kampanye Pilpres 2024 mengingat saat ini dirinya masih aktif sebagai menteri pertahanan RI.

Informasi Prabowo bekerja seperti biasa di kantornya, Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jalan Medan Merdeka Barat, diberikan oleh tim medianya di Jakarta, Rabu (7/12)

Sementara itu, Calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka juga berada di Solo untuk melanjutkan tugasnya sebagai wali kota.

Sementara pada malam hari, Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menghadiri acara Deklarasi Pergerakan Perempuan Muda Nadhliyin (Perdana) dukung Prabowo-Gibran untuk menangi Pilpres 2024 di Jakarta.

Dalam acara tersebut Gibran mengajak perempuan muda nadhliyin untuk mengawal kasus stunting di Indonesia.

Ia menjelaskan bahwa Pasangan Prabowo-Gibran bertekad menyelesaikan permasalahan stunting di Indonesia dengan membagikan makan siang dan susu gratis bagi anak-anak.

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md

Ganjar melanjutkan kampanye, Rabu (7/12), dengan mengunjungi Kota Kutai Kartanegara dan Kota Samarinda, Kalimantan Timur setelah pada hari sebelumnya berkunjung ke Kota Balikpapan.

Ia berkunjung ke Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura di Jalan Monumen Timur, Tenggarong, Kalimantan Timur. Dalam kunjungnya itu, Juru Bicara Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura Pangeran Notonegoro mendoakan calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo terpilih sebagai presiden RI dan memenangkan kontestasi Pilpres 2024.

Setelah itu, Ganjar melanjutkan agendanya dengan bertemu bertemu dengan tim pemenangan daerah (TPD) dan relawan pendukung Ganjar-Mahfud di Gedung Bela Diri Kompleks Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu meminta simpatisannya tak ragu turun langsung berinteraksi dengan dengan warga untuk menyosialisasikan program-programnya dengan baik-baik.

Setelah bertemu TPD dan relawan, Ganjar bertolak ke kota Samarinda untuk bersilaturahmi dengan tokoh agama Katolik di Gereja Katedral Santa Maria Penolong Abadi Samarinda, Kalimantan Timur.

Dalam kunjungannya, ia berkomitmen meneruskan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara beserta infrastruktur penunjang di sekitarnya misalnya, infrastruktur jalan, peningkatan pendidikan, dan kesehatan.

Kemudian pada malam harinya, Ganjar bertemu dengan generasi milenial, gen Z, dan influencer lokal di Samarinda. Di hadapan mereka kader PDI Perjuangan itu berpesan untuk memanfaatkan media sosial dengan kegiatan positif dan cerdas, Karena keberadaan media sosial bisa menambah ilmu dan pengetahuan, selain itu juga bisa menghasilkan keuntungan.

Sementara itu, calon wakil presiden Mahfud MD dari pagi hingga petang memilih untuk bertugas di Jakarta sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam).

Pada malam hari, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga mengadiri Dialog Interaktif Cawapres Mencuri Hati Kawula Muda yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun televisi swasta.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023