Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (6/12) menjadi sorotan, di antaranya persiapan debat perdana capres-cawapres dari KPU RI sampai polemik Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) yang jika disahkan mengatur gubernur dan wakil gubernur dipilih oleh Presiden.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

KPU RI umumkan urutan dan tema debat capres/cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan urutan dan tema debat untuk capres dan cawapres pada Pemilu 2024.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Jakarta, Rabu, menjelaskan bahwa debat pertama itu untuk capres, debat kedua untuk cawapres, debat ketiga untuk capres, debat keempat untuk cawapres, dan debat terakhir untuk capres.

Selengkapnya baca di sini.


KPU tunggu nama tim panelis debat dari tim kampanye paslon

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menunggu nama-nama tim panelis untuk debat capres-cawapres usulan dari tim kampanye masing-masing pasangan calon (paslon) peserta Pilpres 2024.

"Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon (nomor urut) 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU dua hari lagi, yaitu pada hari Jumat, 8 Desember 2023," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


Wapres Ma'ruf nilai materi debat cawapres penting bagi masyarakat

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menilai materi yang dijadikan bahan dalam debat khusus calon wakil presiden penting bagi masyarakat.

“Oh ya tentu bermanfaat, sehingga masyarakat tahu kan, tahu bahwa (cawapres) menguasai masalah apa enggak, jadi tahu masalah,” kata Ma’ruf ketika ditemui di sela-sela acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Reformasi Birokrasi (RB), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023 di Nusa Dua, Bali, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


Ari: Pemerintah akan buka masukan gubernur DKJ ditunjuk presiden

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan pemerintah terbuka atas berbagai masukan terhadap Rancangan Undang-undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ), termasuk kewenangan Presiden menunjuk langsung kepala daerah di Jakarta.

"Perlu diketahui bahwa RUU Daerah Khusus Jakarta merupakan RUU inisiatif DPR," katanya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.


DKPP RI minta parpol peserta Pemilu 2024 galakkan pendidikan politik

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI Heddy Lugito meminta partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 agar menggalakkan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Pendidikan politik bertujuan untuk melahirkan pemilih yang cerdas, jika pemilih cerdas maka akan menghasilkan pemimpin yang amanah,” kata Heddy usai menghadiri Rakor Penyelenggara Pemilu Wilayah III di Banjarmasin, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023