Bireuen, Aceh (ANTARA) — Pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meresmikan pemasangan 393 unit 
Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Kepala Balai Besar dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Senda Hurmuzan Kanam mengatakan, pemasanGAN PJU-TS merupakan upaya pemerintah melaksanakan transisi energi pada sektor energi ke arah energi yang lebih bersih, minim emisi dan ramah lingkungan.

“Program pemasangan PJU-TS juga merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission tahun 2060 atau lebih cepat melalui strategi pemanfaatan energi baru dan energi terbarukan secara masif dan penerapan konservasi energi,” terangnya di sela-sela penyerahan simbolis, Selasa.

Senda berharap lampu surya yang sudah dipasang dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kehidupan ekonomi masyarakat. 

“Ia juga berharap PJU-TS yang telah dipasang dapat dijaga bersama oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang,” 

Pada kesempatan yang sama, anggota Komisi VII DPR-RI, Anwar Idris menyampaikan bahwa Komisi VII bersama dengan Kementerian ESDM berkolaborasi melakukan transisi energi dari energi fosil ke energi terbarukan. Pihaknya juga mendukung upaya-upaya pemerintah dalam melakukan percepatan pengembangan EBTKE.

Mengamini harapan Senda, Wakil Ketua DPRD Bireuen menyampaikan penerangan jalan berbasis surya yang telah dibangun sangat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, yaitu untuk menerangi masjid, mendorong munculnya kegiatan ekonomi serta tetap memberikan penerangan meski saat listrik sedang padam.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023