Jakarta (ANTARA) - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) meraih penghargaan kategori merit sistem "Sangat Baik" pada Anugerah Meritokrasi Komisi Aparatur Sipil Negera (KASN) 2023.

Kabasarnas Marsdya TNI Kusworo dalam keterangannya di Jakarta, Kamis mengatakan pencapaian itu diharapkan dapat membuat reformasi birokrasi di Basarnas untuk lebih baik lagi.

"Alhamdulillah, semoga prestasi ini akan membawa perubahan dan perbaikan-perbaikan dari aspek reformasi birokrasi Basarnas di masa yang akan datang," ujarnya saat menerima penghargaan pada even Anugerah Meritorakrasi KASN 2023 di Yogyakarta.

Baca juga: KASN sebut meritokrasi di Indonesia memasuki fase transisi penting

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Prof. Agus Pramusinto. Acara itu juga dihadiri oleh ratusan pimpinan instansi pusat maupun daerah di antaranya Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Abdullah Azwar Anas serta Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono.

Pada even Anugerah Meritorakrasi KASN 2023 itu, Kabasarnas didampingi Kepala Biro Kepegawaian, Organisasi, dan Tata Laksana M Noer Isrodin serta Kepala Kantor SAR Jogjakarta Kamal Riswandi.

Seperti diketahui, Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 telah menetetapkan sasaran Reformasi Birokrasi dan Tata Kelola Pemerintahan sebagai sebuah arah kebijakan dan strategi nasional dimana salah satu indikatornya adalah persentase instansi pemerintah dengan indeks sistem merit kategori "Baik" dan "Sangat Baik".

KASN selanjutnya melaksanakan serangkaian kegiatan pembinaan dan penilaian yang mencakup penetapan hasil penilaian penerapan sistem merit dalam manajemen ASN, penetapan kualitas pengisian jabatan pimpinan tinggi, dan penetapan tingkat kepatuhan penerapan norma dasar, kode etik, dan kode perilaku ASN di instansi pemerintah.

Baca juga: Wakil Ketua KASN: Sistem merit lindungi karir ASN dari politisasi
Baca juga: Menteri PAN-RB: Meritokrasi kunci membangun birokrasi berkelas dunia

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023