Frekuensi kas keliling kami tingkatkan dari semula satu kali per kabupaten kini menjadi dua kali per kabupaten
Denpasar (ANTARA News) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III Bali-Nusa Tenggara saat ini tengah meningkatkan frekuensi kas keliling untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang tunai bagi masyarakat di Pulau Dewata menjelang Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Frekuensi kas keliling kami tingkatkan dari semula satu kali per kabupaten kini menjadi dua kali per kabupaten," kata Pimpinan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah III Bali-Nusa Tenggara, Dwi Pranoto di Denpasar, Kamis.

Menurut dia, jadwal kas keliling tersebut dilakukan  15-30 Juli 2013 pada pukul 09.00-14.00 Wita dengan menyasar pusat keramaian seperti pasar, pelabuhan, dan terminal.

Modal uang tunai yang dibawa dalam kas keliling tersebut juga ditingkatkan dari Rp750 juta mejadi total Rp1,5 miliar.

Adanya pelayanan kas keliling itu juga untuk menjangkau masyarakat yang berada jauh dari Bank Indonesia di Denpasar seperti masyarakat di Kabupaten Jembrana, kas keliling akan dilaksanakan di Pasar Negara pada 15 Juli dan 29 Juli 2013 dan Pelabuhan Gilimanuk pada 16 Juli dan 30 Juli 2013.

Di Kabupaten Buleleng, pelayanan penukaran uang tunai keliling akan mulai dilakukan pada 17 Juli 2013 di Pasar Seririt, dan Pasa Anyar Singaraja (18/7).

Selain itu di Kabupaten Karangasem penukaran uang kas keliling akan dilaksanakan pada 22 Juli 2013 di Pasar Amlapura dan Terminal Amlapura (23/7) serta di Pelabuhan Padangbai (24/3).

Untuk wilayah Nusa Penida Kabupaten Klungkung dilaksanakan di Pasar Mentigi dan Pasar Toya Pakeh pada 24 Juli 2013.

Selain meningkatkan frekuensi kas keliling, BI juga meningkatkan kerja sama dengan 13 Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Pulau Dewata yang tersebar di Kabupaten Buleleng, Klungkung, Badung, Gianyar, Bangli, Tabanan, dan Kota Denpasar.

Sementara itu untuk tahun 2013 BI Denpasar juga menggandeng Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali yang kantor cabangnya tersebar di Negara, Seririt, Singaraja, Amlapura, Semarapura, dan Nusa Penida untuk memperluas jangkauan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan penukaran uang tunai mulai 17 Juli-2 Agustus 2013.

Pewarta: Dewa K. Sudiarta Wiguna
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013