Lima hari ya, nanti saya cek"
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali menginspeksi mendadak pelayanan masyarakat di Kantor Kelurahan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis.

Begitu tiba di lokasi, Jokowi langsung memasuki kantor Kependudukan dan Catatan Sipil serta duduk di ruang tunggu bersama dengan beberapa warga yang memang datang untuk mengurus dokumen kependudukan.

"Di sini berapa lama mengurusnya?" tanya Jokowi kepada salah seorang warga yang langsung dijawab bahwa pengurusan Kartu Keluarga bisa memakan waktu dua minggu hingga satu bulan.

Jokowi pun tidak menyangka bahwa pelayanan dokumen kependudukan tersebut bisa makan waktu hingga dua minggu. Mantan Walikota Surakarta itu pun mempertanyakan alasan pelayanan dokumen yang makan waktu lama tersebut.

"Ini kenapa bisa lama? Kan input data hanya sebentar," tanya Jokowi kepada Kepala Dukcapil Kelurahan Pondok Bambu, Basuki Rachmat.

Ditemani Lurah Pondok Bambu, Budhi Novian, Jokowi meminta agar pelayanan KK serta KTP bisa segera dipercepat. Dia bahkan menyebutkan bahwa KTP harus diselesaikan dalam waktu satu jam, sedangkan KK harus diselesaikan dalam waktu tiga hingga lima hari.

"Lima hari ya, nanti saya cek," katanya.

Jokowi memang ingin memperbaiki sistem pelayanan masyarakat di Jakarta. Dia berharap bahwa sistem dokumentasi seharusnya bisa dilakukan dalam waktu singkat karena memang tugas pejabat adalah melayani.

"Saya ke sini juga memang mau ngecek apakah masyarakat terlayani, apakah masyarakat dilayani," katanya.

(Dny)

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013