"Saya meminta forkopimda Sumut menjaga koordinasi agar penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar dan damai,"
Medan (ANTARA) - Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid mengatakan forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sumatera Utara memiliki peran penting dan wajib untuk menjaga kondusifvitas menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di provinsi setempat.

"Saya meminta forkopimda Sumut menjaga koordinasi agar penyelenggaraan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar dan damai," ujar Meutya saat melakukan kunjungan kerja Komisi I DPR RI, di Medan, Kamis.

Meutya menjelaskan dengan komitmen dan solidaritas forkopimda menjaga kondusivitas wilayah merupakan upaya untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut.

"Kami juga meminta forkopimda untuk terus menjaga komitmen dan soliditas mengawal kondusivitas dan keamanan selama Pemilu 2024," kata Meutya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama- sama bersinergi dalam menyukseskan pemilu 2024.

"Serta menyelesaikan berbagai masalah yang timbul selama pelaksanaan Pemilu 2024," sebutnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin menyatakan, pihaknya bersama forkopimda Sumut berkomitmen mengawal kondusivitas dan keamanan, selama pemilu dan pilkada serentak.

"Pemprov Sumut bersama forkopimda juga berkomitmen mencegah dan menindaklanjuti segala bentuk pelanggaran pemilu, menyelesaikan berbagai masalah yang timbul selama pelaksanaan Pemilu, dan mendukung kinerja KPU dan Bawaslu," ujar Hassanudin.

Dalam kesempatan itu, Hassanudin menyampaikan kepada Komisi I DPR RI bahwa Pemprov Sumut bersama forkopimda telah melakukan berbagai hal terkait upaya menyukseskan pemilu dan pilkada antara lain menyiapkan pendanaan, deklarasi pemilu damai, apel gelar pasukan pengamanan lemilu, dan deklarasi pemilu damai antar-umat beragama.

"Saya juga meyampaikan kondisi kerawanan sumut berada dalam kondisi sedang. Kondisi ini bisa sangat dinamis. Kami forkopimda siap bergerak cepat untuk menindaklanjuti segala permasalahan yang muncul,” kata Hassanudin.

Selain itu, Hassanudin juga memaparkan berbagai dukungan Pemprov Sumut terkait kesuksesan pemilu dan pilkada antara lain menjaga koordinasi dan sinergitas dengan setiap pihak, dukungan sarana dan prasarana.

"Serta melakukan deteksi dini guna antisipasi potensi kerawanan, sosialisasi dan publikasi Pemilu pada masyarakat, serta penekanan netralitas ASN," sebutnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023