Surabaya (ANTARA News) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III (Persero) menyiapkan tiga belas terminal di wilayah kerjanya untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2013.

Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto, Kamis menjelaskan, tiga belas terminal itu tersebar di sejumlah provinsi, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

"Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya untuk menghadapi masa angkutan Lebaran 2013. Untuk arus mudik pada transportasi laut, kemungkinan besar akan terjadi mulai `H-15` hingga `H+15` Lebaran," ujarnya di Surabaya, Jawa Timur.

Pada masa angkutan Lebaran 2013, kata dia, jumlah pemudik yang akan memanfaatkan jasa kapal laut diperkirakan hampir sama dengan tahun sebelumnya.

"Kalau pun ada kenaikan, pertumbuhannya tidak akan lebih dari satu digit. Hal itu dikarenakan masyarakat memiliki alternatif lainnya, yakni memanfaatkan moda transportasi udara sebagai sarana angkutan mudiknya," ucapnya.

Apalagi, sejak beberapa tahun belakangan ini, frekuensi dan jalur penerbangan antarpulau dan antarkota makin marak.

"Saat ini, moda transportasi udara menjadi pilihan utama mudik dan balik Lebaran. Ini yang mengakibatkan jumlah pemudik yang memanfaatkan kapal laut menurun sebagaimana yang terjadi pada tahun lalu," tuturnya.

Ia lalu mencontohkan jumlah pemudik kapal laut yang melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada masa angkutan Lebaran 2011 sebanyak 163.480 penumpang dan pada 2012 hanya 131.835 penumpang.

(KR-DYT/C004)

Pewarta: Slamet Hidayat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013