Banten (ANTARA News) - PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku operator tol Tangerang-Merak memperkirakan pemudik di jalan tol itu pada musim angkutan lebaran tahun ini naik sekitar 10 persen dibanding tahun lalu.

"Tahun ini kita perkirakan naik 10 persen sebab biasanya memang berkisar 5--10 persen," kata Presiden Direktur MMS, Wiwiek D Santoso di Gerbang Tol Balaraja Barat, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis.

Menurut Wiwiek, peningkatan sebesar 10 persen itu, antara lain akan melibatkan kendaraan pribadi sekitar 6--8 persen atau sekitar 1,76 juta kendaraan.

"Pemudik ke Sumatera itu, biasanya lebih terencana, sehingga jauh-jauh hari seperti H-10 hingga H-7 sudah mudik, sudah banyak mobil pake `konde`," katanya.

Dia memperkirakan puncak mudik terjadi pada H-6 dan H-5 atau bertepatan pada 2 dan 3 Agustus 2013, sedangkan arus balik pada H+1 dan H+2 dengan puncaknya pada H+2 (11/8).

"Pada masa lebaran ini sudah pasti ada sedikit antrean cukup panjang di gerbang tol Cikupa, Serang Timur, Cilegon Barat dan Merak," katanya.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013