Pada masa lebaran ini sudah pasti ada sedikit antrean cukup panjang di gerbang tol Cikupa...
Banten (ANTARA News) - PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku operator tol Tangerang-Merak memperkirakan pemudik di jalan tol itu pada musim angkutan lebaran tahun ini naik sekitar 10 persen dibanding tahun lalu.

"Tahun ini kami perkirakan naik 10 persen sebab biasanya memang berkisar 5-10 persen," kata Presiden Direktur MMS, Wiwiek D. Santoso dalam media gathering dan buka bersama di Gerbang Tol Balaraja Barat, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis.

Menurut Wiwiek, peningkatan sebesar 10 persen itu, antara lain akan melibatkan kendaraan pribadi sekitar 6-8 persen atau sekitar 1,76 juta kendaraan.

"Pemudik ke Sumatera itu, biasanya lebih terencana, sehingga jauh-jauh hari seperti H-10 hingga H-7 sudah mudik, sudah banyak mobil pake `konde`," katanya.

Oleh karena itu, tegasnya, dia memperkirakan puncak mudik terjadi pada H-6 dan H-5 atau bertepatan pada 2 dan 3 Agustus 2013, sedangkan arus balik pada H+1 dan H+2 dengan puncaknya pada H+2 (11/8).

"Pada masa lebaran ini sudah pasti ada sedikit antrean cukup panjang di gerbang tol Cikupa, Serang Timur, Cilegon Barat dan Merak," katanya lalu menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, di beberapa gerbang, jumlah operasional gardu transaksi akan ditambah.

"Termasuk juga penambahan jumlah rambu informasi serta petugas patroli dan petugas keamanan di sepanjang jalur tol," katanya.

Tak hanya itu, dia mengatakan untuk meningkatkan kenyamanan, penambahan lajur kedua arah pada segmen Bitung-Cikupa. "Dulu tol kami disebut abal-abal, tapi kini kualitasnya sudah berbeda," katanya.

Ia berharap agar masyarakat di sekitar jalan tol tidak lagi melanggar aturan, antara lain tidak menyeberang dan naik turun bus di jalan tol karena sangat berbahaya.

Ia menambahkan, aneka fasilitas untuk menambah kenyamanan pemudik, antara lain empat lokasi tempat istirahat dengan pelengkapnya, termasuk bengkel siaga.

"Ada delapan unit derek tol gratis hingga gerbang tol terdekat, tujuh unit variable message sign, 25 unit kamera pemantau dan penambahan penerangan jalan umum di sejumlah titik," katanya.

Selain itu, layanan informasi 24 jam di nomor 0254-207878, SMS 081808085500, email cs@margamandala.co.id dan akun twitter @tol_mms.

Pewarta: Edy Sujatmiko
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013